Sparkling Culture of Yogjakarta fadjar May 19, 2012

Sparkling Culture of Yogjakarta

Jogyakarta menjadi tujuan mahasiswa konsentrasi Manajemen Layanan dan Pariwisata untuk melakukan kegiatan Business Visit pada tanggal 2 – 5 Mei 2012. Sebanyak 50 mahasiswa dengan 2 dosen pendamping yaitu Fitri Novika Widjaja, S.Si., M.MT dan Siti Rahayu, S.E., M.M telah mengunjungi Pantai Parangtristis, Candi Borobudur, Kawasan Kasongan, Kawasan Malioboro, Keraton Ngayogyakarta, Taman Sari, Pasar Beringharjo, dan Monumen Jogja Kembali (Monjali).

Pada setiap obyek dan daya tarik wisata (ODTW) yang dikunjungi, mahasiswa dapat mempelajari potensi bisnis pariwisata yang masih dapat dikembangkan dan juga melihat keunikan yang dimiliki masing-masing ODTW sebagai kekayaan budaya dan alam sebagai modal kepariwisataan.
Taman Sari disekitar wilayah Keraton Ngayogyakarta adalah ODTW yang dianggap paling unik bagi mahasiswa. Tempat ini dulunya adalah tempat pemandian bagi putri-putri keraton dan raja. Disekitarnya juga masih ada peninggalan bangunan kuno seperti masjid bawah tanah dan terowongan yang jaman dulu terhubung sampai ke daerah pantai laut selatan. Namun yang masih disayangkan adalah kawasan yang sangat bersejarah dan unik tersebut telah menjadi satu dengan lingkungan pemukiman penduduk sekitar sehingga mengurangi kenyamanan wisatawan saat melakukan perjalanan wisata.
Daerah lain yang masih perlu mendapat perhatian untuk dilakukan perbaikan adalah Kawasan Kasongan, sangat dibutuhkan upaya untuk mengubah kawasan tersebut agar lebih menarik untuk dikunjungi wisatawan karena hampir semua penduduk di wilayah kasongan adalah pengrajin atau pedagang gerabah yang mengandalkan mata pencahariannya dari kedatangan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.
Kegiatan business visit ini kemudian menjadi bahan kajian dan diskusi mahasiswa di beberapa Mata Kuliah, seperti Bisnis Pariwisata, Seminar Manajemen Layanan Pariwisata, dan Hospitality Management. Setelah mahasiswa melihat langsung ODTW tersebut maka diharapkan dapat lebih mudah dalam memahami konsep Manajemen Layanan dan Pariwisata