Agar Matematika Lebih Mudah fadjar April 30, 2012

Agar Matematika Lebih Mudah

SURABAYA-Penggunaan teknologi informasi dan multimedia dalam pembelajaran terus dikembangkan. Kemarin (28/4) sekitar 100 guru dari jenjang SMA di Surabaya mengikuti kompetisi bidang kreasi inovatif.

Para guru SMA itu harus membuat konsep tentang materi pelajaran berbasis teknologi multimedia. Kompetisi tersebut diadakan Ubaya bersama Dispendik Surabaya.

Alexander David, dosen teknik informatika Ubaya yang juga menadi tim penilai, menjelaskan bahwa kompetisi itu diadakan agar guru bisa berinovasi. ‘Sasaran pertama memang guru matematika supaya matematika menjadi mudah,’ jelas Alexander.

Selama ini pembelajaran matematika memang begitu sulit untuk dipahami siswa. ‘Kalau dipermudah dengan sarana pembelajaran, mungkin siswa bisa tertarik,’ tambah Alexander. Dalam kompetisi tersebut, guru dituntut untuk mengonsep materi pembelajaran berbasis teknologi, sesuai dengan materi matematika. ‘Konsep terbaik akan diaplikasikan dalam bentuk program (software, Red),’ jelas pria berkacamata itu. Guru hanya diminta untuk menentukan konsep. Selanjutnya, konsep tersebut dibuat dalam bentuk program aplikasi oleh beberapa mahasiswa dan dosen Ubaya.

Acara yang dikemas dalam bentuk seminar itu dihadiri juga oleh Timon Bos, nominator Microsoft Innovation Teacher 2010 sebagai pemateri. (zal/c7/oni)

Sumber: Jawa Pos, 29 April 2012