Learning Beyond the Classroom Business English Politeknik UBAYA: Saatnya Berani Ngomong Inggris Tanpa Ragu fadjar January 13, 2012

Learning Beyond the Classroom Business English Politeknik UBAYA: Saatnya Berani Ngomong Inggris Tanpa Ragu

Stand Up, Reach Out, Speak Up, Be Proud

Demikian slogan English Camp 2012 yang diselenggarakan pada tanggal 7-8 Januari 2012 kemarin di Ubaya Training Center, Trawas.

Mengacu pada metode Learning Beyond The Classroom, English Camp merupakan kegiatan belajar di luar kelas yang rutin dilaksanakan tiap tahun oleh kelompok studi mahasiswa Business English atau yang lebih dikenal dengan nama English Communication Club (ECC).

Meskipun ini adalah kegiatan mahasiswa prodi Business English, namun kegiatan ini terbuka untuk mahasiswa prodi lain yang ingin ikut serta. Para peserta yang mengikuti kegiatan English Camp 2012 ini nantinya berhak mengikuti tes TOEFL secara gratis di Politeknik Ubaya.

Kegiatan ini sangat bagus untuk memperdalam kemampuan bahasa Inggris karena disini mereka dapat berinteraksi satu sama lain dengan bahasa Inggris dan juga mengikuti setiap sesi yang semua full English,” kata Bapak Claudius Bona, SS, MM, Kaprodi Business English yang turut hadir.

English Camp yang bertajuk “Speak Up!” ini diadakan untuk melatih keberanian mahasiswa berbicara dalam bahasa Inggris. Semua panitia dan peserta yang terlibat diharuskan menggunakan bahasa Inggris selama kegiatan. Kesempatan ini tentu sangat jarang mereka dapatkan. Dari keberangkatan mereka harus menggunakan bahasa Inggris walau dengan grammar yang seadanya. Jika tidak maka akan ada denda. ”Pemberlakuan peraturan ini bukanlah untuk memberatkan peserta namun untuk memacu mereka berani berbahasa Inggris,” terang Cindy Collins, mahasiswi Business English semester 3 selaku Ketua Panitia.

Pada hari pertama dilakukan indoor activity berupa games dan performance. Terdapat berbagai macam games yang sangat bermanfaat dan tentunya menambah pengetahuan. Beberapa diantaranya seperti mencari lawan kata dan mengelompokkan namandash;nama tempat di dunia. Selain itu, ada pula games yang memerlukan kreatifitas dan kerja sama tim yang solid. Semuanya dipandu oleh dosen pendamping yaitu Claudius Bona, SS, MM, Vanda Augustin, Bbus, dan Devi Rachmasari, SS, MM.

Kegiatan hari itu diakhiri dengan performance seperti menyanyi, dance, atau drama yang dibawakan oleh masingndash;masing kelompok. Ekspresi keceriaan terlihat di wajah setiap peserta saat menyaksikan penampilan demi penampilan. Tak lupa disambung dengan acara barbeque sebagai penghangat suasana.

Pada hari kedua dilaksanakan kegiatan outbound yang disusul dengan sesi games terakhir oleh Yerly A. Datu, SPd. Kegiatan English Camp 2012 diakhiri dengan pemberian hadiah penghargaan kepada para peserta yang memenangkan games dan performance oleh Kaprodi Business English. “English Camp ini membuatku lebih PD ngomong Inggris dan kegiatannya pun sangat mengesankan,” Ujar Caprieta Angela, Mahasiswi Business English Politeknik Ubaya 2011 yang mendapat penghargaan sebagai peserta teraktif.

Apalagi prodi ini adalah satu-satunya prodi yang menggunakan full bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar kuliah ketika kuliah. Jadi prodi ini sangat cocok bagi calon mahasiswa yang ingin belajar ilmu bisnis (bisnis di Indonesia maupun International) sekaligus menyukai bahasa Inggris.(voz/wu)