Dampak Butterfly Effect bagi Kesuksesan suatu Bisnis atau Kegiatan fadjar December 21, 2011

Dampak Butterfly Effect bagi Kesuksesan suatu Bisnis atau Kegiatan

Pernahkah Anda mendengar istilah Butterfly Effect? Jika belum pernah mendengarnya, semoga artikel ini bisa menjelaskan sedikit tentang istilah tersebut dan apa hubungannya dengan kesuksesan bisnis atau kegiatan yang sedang Anda lakukan.

Istilah Butterfly Effect bisa ditemui dalam buku karangan Harry Beckwith yang berjudul “Selling the Invisible”. Istilah ini mengacu kepada hal kecil yang bisa menimbulkan dampak yang besar.

Harry Beckwith mengawali pembahasan Butterfly Effect dengan penjelasan apakah mungkin kepakan kecil sepasang sayap kupu-kupu di belahan dunia yang berbeda bisa menimbulkan dampak badai tornado di belahan dunia yang lain? Mungkin contoh kasus ini kelihatan konyol pada awalnya dan serasa tidak mungkin. Tapi dengan kelincahan dan kemampuan analisanya, Beckwith mampu membuktikan bahwa seringkali hal ini bisa terjadi di dunia nyata.

Studi kasus yang dipakai oleh Harry Beckwith dalam buku “Selling the Invisible” adalah studi kasus yang menceritakan seorang pegawai yang mampu mengubah pelanggan yang kecewa menjadi pelanggan yang memberikan omzet yang lumayan besar hanya karena dia mampu meredakan kekecewaannya.

Contoh sederhana Butterfly Effect dalam kehidupan sehari-hari:

  • operator perusahaan yang menerima panggilan dari pihak luar dengan ramah sehingga berujung pada pembicaraan yang lebih hangat dan kemungkinan peluang bisnis yang lebih langgeng
  • tambahan kecil seporsi jus buah segar yang membuat para pelanggan mempromosikan secara sukarela “tambahan kecil” itu kepada koleganya yang berujung makin ramainya restoran tersebut
  • mahasiswa dengan laporan Tugas Akhir yang rapi, enak dibaca dan bebas dari kesalahan pengetikan yang bisa menghasilkan persepsi bahwa mahasiswa ini mengerjakan tugasnya dengan serius dan ujungnya pembaca lebih respek kepada hasil karyanya

Bukankah “hal kecil“ seperti contoh di atas yang ternyata mampu memberikan perbedaan yang cukup signifikan?

Ternyata “hal kecil” seperti keramahan bisa mengubah pelanggan yang kecewa menjadi pelanggan yang loyal bahkan menghasilkan penambahan omzet bagi perusahaan. Bayangkan dampak akumulasi “hal kecil” ini bagi kesuksesan bisnis atau kegiatan Anda jika banyak team bisnis atau partner kerja Anda yang sadar akan hal ini. Dan bukankah di dunia nyata seringkali juga banyak ditemui “hal kecil” yang membuahkan dampak yang besar.

Sebagai penutup artikel ini, Butterfly Effect apakah yang sudah Anda sumbangkan untuk kesuksesan bisnis atau kegiatan yang sedang Anda geluti hari ini?

Sumber: Beckwith, Harry. Selling the Invisible.

Penulis: Devi Ratnasari (Tim Info Politeknik Ubaya)