Mahasiswa Multimedia Ubaya Raih Emas dan Pecahkan Rekor SEA Games fadjar November 23, 2011

Mahasiswa Multimedia Ubaya Raih Emas dan Pecahkan Rekor SEA Games

Prestasi membanggakan kembali ditorehkan mahasiswa Ubaya dalam kancah SEA Games XXVI. Kali ini yang berhasil meraih emas adalah Octavian Riyanto, mahasiswa program Multimedia angkatan 2009. Octavian yang terjun dalam olahraga air, keluar sebagai juara pertama dalam kategori finswimming dengan catatan waktu 2 menit 29 detik. Hasil ini juga mencatatkan Octavian sebagai pemecah rekor SEA Games dalam kategori finswimming. Prestasi ini merupakan prestasi terbesar yang pernah ia raih setelah sebelumnya sempat memenangkan satu perak dan perunggu pada kejuaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2008.

Awal mula keiikutsertaan dalam kejuaraan bergengsi ini adalah dari niat dan dukungan pelatihnya untuk mengikuti seleksi peserta SEA Games. Ternyata setelah diumumkan Ia berhasil terpilih sebagai salah satu pesertanya. Octavian bersama tiga temannya dari Indonesia bersama-sama berjuang untuk membawa nama Indonesia dalam ajang SEA Games ini. Namun, Octavianlah yang berhasil menyabet emas dan berhasil mencatatkan nama Indonesia dalam kejuaraan SEA Games 2011 ini.

Selama perlombaan berlangsung Ia sempat mendapat sedikit kendala. Kakinya mengalami cidera akibat fin yang dipakainya. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan optimismenya dalam bersaing dengan peserta dari berbagai negara tersebut. Menurutnya, Vietnam adalah pesaing terberat yang Ia hadapi. “Pesaing dari Vietnam cukup tangguh dalam kejuaraan ini,” kesannya.

Pencapaian luar biasa itu tentunya tidak mudah untuk diperoleh. Octavian harus menggunakan waktunya sebaik-baiknya. Pelatihan Nasional (Pelatnas) untuk maju dalam SEA Games telah dilaksanakan di Jakarta selama satu tahun. Latihan menjelang SEA Games diadakan di China selama dua bulan. Selama dua bulan tersebut Octavian rutin dan giat berlatih setiap hari. “Pelatih China sangat hebat dan saya sangat bersemangat mengikuti setiap latihan,” tutur mahasiswa angkatan 2009.

Prestasi yang diraihnya tentunya secara tidak langsung mengangkat nama baik Ubaya. Cowok kelahiran 10 Oktober 1991 ini mengaku bahwa dukungan dari berbagai pihak seperti keluarga, teman-teman, dan pelatihnya sangatlah berperan dalam prestasi yang Ia raih ini. Ia merasa senang dan bangga karena berhasil menyelesaikan tanggung jawabnya dengan baik selama SEA Games. “Usaha kerasku selama ini telah membuahkan hasil yang diharapkan,” tegasnya. (re1/wu)