Pusaka Indonesia in 3D, Karya Mahasiswa Multimedia Ubaya, Lolos ke Final INAICTA 2011 fathulhusnan September 17, 2011

Pusaka Indonesia in 3D, Karya Mahasiswa Multimedia Ubaya, Lolos ke Final INAICTA 2011

Sebuah prestasi ditorehkan oleh Sandy Winata, mahasiswa Multimedia Ubaya angkatan 2007 yang membuat film 3D interaktif bertajuk Pusaka Indonesia. Film yang berangkat dari keprihatinanan atas ketidakpedulian generasi muda terhadap kebudayaan nasional ini berhasil lolos ke babak Final kategori Perguruan Tinggi: Audio Visual Digital Animasi dalam Indonesia ICT Awards (INAICTA) 2011. Pada tahun ini, peserta INAICTA mencapai 1700 karya. Pada kategori Perguruan Tinggi: Audio Visual Digital Animasi, ada 8 karya yang berhasil lolos ke babak final untuk mengikuti penjurian tahap 2 yang akan dilangsungkan pada tanggal 22 September 2011.

Cerita yang diangkat dari film ini sudah pernah ditampilkan dalam bentuk drama interaktif dengan aktor dan aktris mahasiswa Multimedia sendiri, drama tersebut ditampilkan dalam event pameran karya mahasiswa Multimedia. Kemudian terbit ide untuk mengemas cerita tersebut dalam sebuah film animasi, dan akhirnya film ini dibuat dengan bimbingan dari Stephanus Eko Wahyudi, S.T., MMM dan Ongko S.Sn., keduanya adalah dosen di jurusan Multimedia. Film ini sendiri merupakan sebuah film animasi 3D yang interaktif, karena di tengah-tengah cerita penonton film ini dapat memilih sendiri action yang akan dilakukan oleh tokoh utama cerita, dimana action ini nantinya akan mempengaruhi jalan cerita serta ending dari film ini.

Film ini bercerita tentang seorang anak muda di era Indonesia modern yang berusaha menyelamatkan kebudayaan Indonesia dengan berkeliling mencari pusaka-pusaka Indonesia. Untuk mencari pusaka-pusaka tersebut, ia harus melakukan perjalanannya menembus waktu yang membuatnya terlempar ke tengah-tengah berbagai peristiwa yang merupakan legenda di Indonesia.