Journalistic is Fun! fadjar July 25, 2011

Journalistic is Fun!

Suasana berbeda nampak di Auditorium Fakultas Hukum (FH) pada 20 hingga 22 Juli 2011 silam. Ada apa di sana? Ya, pada hari Rabu hingga Jumat silam diadakan pelatihan jurnalistik (pelajur) untuk siswa SMA se-Jawa Timur yang diadakan oleh Warta Ubaya kerjasama dengan Kompas. Ratusan peserta yang hadir berasal dari Surabaya, Sidoarjo, Malang, Mojokerto, hingga Jember.

Tema dari pelajur kali ini adalah WorkshopCompetition “Journalisitic is Fun!”. Konsep yang diusung adalah workshop menulis, desain dan layout, serta fotografi. Yang menjadi penyaji workshop adalah semuanya dari Kompas. Setelah mendapat workshop, peserta diwajibkan mengimplementasikan dalam rupa tabloid digital. Aspek penilaiannya pun meliputi desain, fotografi, bahasa, dan estetika. Bertindak sebagai juri adalah Ananta Yudiarso, S.Sos., M.Si., dosen Fakultas Psikologi, dan Drs. Aloysius Jondar, M.Si. serta Nicholas Aryasetiawan, S.T., keduanya dari Warta Ubaya.

Tampil sebagai pemenang adalah SMAK Frateran dalam majalahnya “First”. Runner up direbut SMAK Santo Paulus yang mengusung majalah “Klik”, dan posisi ketiga diraih tim SMA YPPI 1 yang menampilkan majalah “Smart”. (wmm/wu)