Learning, Leadership, dan Networking Kunci Utama Hidup di Zaman Flatworld fadjar June 15, 2011

Learning, Leadership, dan Networking Kunci Utama Hidup di Zaman Flatworld

Masa orientasi merupakan fasilitas untuk saling mengenal antar mahasiswa, baik dengan mahasiswa lama maupun dengan sesama mahasiswa baru yang dapat dikemas dengan berbagai macam kegiatan. Kegiatan masa orientasi ini tidak hanya dilakukan pada mahasiswa strata-satu (S1), mahasiswa pascasarjana (S2) juga bisa merasakannya. Bila di jenjang S1 dikenal dengan istilah Masa Orientasi Bersama (MOB), di jenjang S2 dikenal dengan nama Ajar Budi Asah Nurani (Adinurani).

Hingga saat ini Program Studi Pascasarjana Universitas Surabaya (Ubaya) sudah menyelenggarakan kegiatan Adinurani sebanyak 11 kali. Agak berbeda dengan MOB, Adinurani selalu dilaksanakan di Ubaya Training Center (UTC), Trawas, Mojokerto. Adinurani yang ke-11 dilakukan mulai tanggal 27-28 Mei 2011 diikuti oleh 29 orang mahasiswa Magister Manajemen angkatan 43, 13 orang mahasiswa Magister Psikologi Profesi angkatan 13, 4 orang mahasiswa Magister Akuntansi angkatan 8, dan 12 orang mahasiswa Magister Farmasi Klinis angkatan 11. Adinurani kali mengusung tema “Learning Leadership in Flatworld : The Value of Networking” dengan 3 kata kunci utama yaitu “Learning”, ”Leadership” dan “Networking”. Ketiga kata kunci utama itulah yang dapat dijadikan dasar untuk menjalani kehidupan di flatworld. Melalui Adinurani ini, diharapkan para mahasiswa Pascasarjana mampu menjalani perkuliahan dengan membentuk suatu komunitas yang dapat saling mendukung dan menerapkan ketiga kata kunci tersebut.

Martanty Aditya,S.Farm,Apt. Sebagai mahasiswi Magister Farmasi Klinis angkatan 8 berpendapat bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat karena bisa mengenal teman sesama program studi dan juga teman-teman dari program studi yang lain sehingga networking bisa terjalin dengan baik. “Apalagi saat mengerjakan tugas, waktu menemui kesulitan kita harus bekerja sama dan bertanya dengan teman-teman. Saat pertama datang saya kurang bisa terbuka dengan teman-teman, tapi seiring berjalan acara pelan-pelan saya belajar memahami karakter teman-teman satu program studi, tambah Martanty.

Adinurani ini merupakan kegiatan kolaborasi antara Career Assistance Center (CAC) dan Pascasarjana. Diawali dengan kegiatan perkenalan, dilanjutkan dengan outbound, night game, refleksi dan BBQ. Kebersamaan sangat terasa di akhir acara di mana tiap kelompok sudah saling mengenal anggota program studi lain.