Tingkatkan Kepercayaan di Mata Dunia lewat International Organization for Standarization (ISO) fadjar May 13, 2011

Tingkatkan Kepercayaan di Mata Dunia lewat International Organization for Standarization (ISO)

Untuk meningkatkan kepercayaan Indonesia di mata internasional, sudah saatnya seluruh badan di negara ini memenuhi standarisasi layanan yang ditetapkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN). Dan dalam usahanya meningkatkan pengetahuan tentang standardisasi tersebut, BSN banyak memberikan pelatihan ataupun seminar tentang International Organization for Standarization (ISO). Salah satu agendanya adalah “Lokakarya Pengenalan SNI ISO 9001:2008” bagi mahasiswa Ubaya pada 10 Mei 2011 kemarin.

Seminar yang dilaksanakan di perustakaan lantai V ini dibuka oleh Drs A. Adji Prayitno MS Apt selaku Wakil Rektor II Ubaya. Sesi pertama membahas tentang topik Sistem Standarisasi Nasional. “Sebenarnya salah satu tujuan standarisasi adalah menjamin perlindungan masyarakat terkait keselamatan, keamanan, kesehatan, dan pelestarian fungsi lingkungan hidup,” jelas Muslim Nart Hidayat, pembicara dalam sesi tersebut. Kemudian sesi kedua dilanjutkan dengan materi Pengenalan SNI ISO 9001:2008 dengan narasumber Andry R.Prihikmat dari BSN. Andry banyak menjelaskan tentang prinsip mutu, persyaratan, hingga penerapan SNI dan ISO.

Lokakarya ini adalah murni program BSN untuk Pemasyarakatan Standarisasi untuk semua strata, tak terkecuali pendidikan tinggi,” tutur Muslim yang diwawancara WU secara terpisah. Dengan begitu kaum muda dapat memberikan suatu pemikiran dan hasil penelitian yang diakui secara internasional, karena telah memenuhi standart internasional yang berlaku. “Semoga dengan adanya lokakarya ini mahasiswa dapat care dan mengerti tentang perkembangan standart yang ada,” tutup Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan Standarisasi BSN Pusat itu. (sam,mry/wu)