Rubik’s Touch Cube – Versi Canggih Dari Rubik’s Cube – Puzzle Game Terlaris Sepanjang Masa fathulhusnan October 27, 2010

Rubik’s Touch Cube – Versi Canggih Dari Rubik’s Cube – Puzzle Game Terlaris Sepanjang Masa

oleh: Stephanus Eko Wahyudi, S.T., MMM

Rubik’s Cube adalah permainan puzzle 3D yang ditemukan pada 1974 oleh Erno Rubik – seorang pematung dan profesor arsitektur dari Hungaria. Pada tahun 1980, Ideal Toys membeli lisensi dan memproduksi ide Erno Rubik ini untuk disebarkan ke seluruh dunia. Pada tahun yang sama, mainan ini memenangkan penghargaan tahunan Best Puzzle pada Germany Game Awards. Hingga tahun 2009, permainan teka-teki kubus ini telah terjual sebanyak lebih dari 350 juta unit ke seluruh dunia, dan seringkali dianggap sebagai mainan terlaris sepanjang masa.

Rubik’s Cube adalah merupakan sebuah permainan yang berupa kubus yang masing-masing sisinya terbentuk dari beberapa permukaan segi empat yang masing-masing memiliki warna solid tertentu, yang umumnya adalah merah putih, biru, oranye, hijau, dan kuning. Mekanisme pivot memungkinkan pemainnya untuk mengubah sebaris bagian kubus secara independen, yang mengakibatkan tercampurnya warna-warna yang ada. Untuk menyelesaikan teka-teki ini Anda harus membuat setiap sisi kubus menjadi warna yang solid yang sama untuk semua bagian.

Ketika otak jenius Ernotilde; membayangkan permainan ini untuk pertamakalinya, ia membayangkan sebuah perangkat plastik yang dirakit untuk memungkinkan potongan plastik berputar pada sumbu pusat, yang memungkinkan pemainnya dapat menggeser posisi ke salah satu dari 43 triliun kemungkinan pengaturan potongan dengan mulus. Tidak pernah ada dalam imajinasinya bahwa akan ada versi elektronik permainan yang diciptakannya!

Pada tahun 2009, sebuah perusahaan Hong Kong yang bernama Techno Source merilis sebuah tipe canggih dari Rubik’s Cube yang disebut dengan nama Rubik’s Touch Cube. Permainan yang dirancang selama 3 tahun ini memiliki teknologi sensor layar sentuh, dan menjadi permainan puzzle interaktif pertama di dunia yang sepenuhnya elektronik.

Bagaimana Rubik’s Cube Touch dibandingkan versi orisinal dari Rubik’s Cube?

Tujuan permainan tetap sama – Pemain tetap berupaya menyelesaikan puzzle dengan memutar enam warna yang berbeda di seluruh kubus sampai setiap dari enam sisi menunjukkan warna tertentu yang sama. Mencapai hasil akhir dapat berlangsung berjam-jam, tahun, atau bagi banyak orang – tidak pernah dicapai. Beberapa tahun terkahir, banyak sekali beredar buku cara untuk menyelesaikan puzzle ini dengan cepat.

Pada saat dilihat untuk pertama-kali, Rubik’s Touch Cube mungkin akan terlihat seperti Rubik’s Cube pada umumnya. Yang membedakan dari kedua jenis permainan kubus ini adalah bahwa pada TouchCube tidak ada bagian yang dapat digerakan secara mekanis. Pemain tidak perlu secara manual mengubah sisi kotak untuk mencoba dan berbaris warna dalam urutan tertentu.

Pada Touch Cube, semua dari enam sisi dirancang agar bersifat interaktif dengan sentuhan jari Anda. Setiap blok akan menyala warna cerah dan saat Anda menggesek jari anda pada kotak akan bergerak sesuai. Melalui teknologi sensor sentuh, pemain dapat menggesekkan jarinya untuk memindahkan potongan-potongan dari satu sisi ke sisi lain. Fitur built-in accelerometer yang disematkan memungkinkan perangkat ini untuk mengetahui sisi mana yang menghadap ke atas. Pemain tidak perlu khawatir tentang menyentuh sisi lain dari kubus selama bermain game karena di dalam mainan produsen memasang sensor yang memungkinkan kotak yang akan dipindahkan adalah kotak yang ada di sisi atas.

Pemain dapat melihat potongan kubus bergeser di kubus untuk mengatur ulang kombinasi setelah pemain menggeserkan jari di deretan yang akan digeser. Hebatnya lagi, dengan memanfaatkan chip yang ada di dalam perangkat ini, pemain tidak perlu kuatir tidak dapat mengembalikan puzzle ke posisi semula ataupun menyelesaikan puzzle, karena tersedia sebuah tombol ‘Hint’ tombol yang dapat dimanfaatkan untuk bantuan dengan menunjukkan langkah berikutnya! Berbeda dengan game Rubik classic, apabila pemain frustasi, maka seringkali pemain mengambil obeng untuk mencukit dan memasang kembali potongan kubus kecil yang ada, dengan menggunakan versi eletronik ini, penekanan tombol ‘Solve’ akan memerintahkan puzzle untuk menampilkan langkah demi langkah untuk menyelesaikan puzzle yang ada !

Jadi, adalah salah satu teknologi tinggi lebih baik atau lebih buruk daripada / asli klasik? Nah, Touch Cube adalah mainan yang sangat menarik untuk dimainkan dan memukau teman-teman Anda.

Referensi: