Tim CSL Universitas Surabaya Memenangkan Emil Salim Award fadjar October 25, 2010

Tim CSL Universitas Surabaya Memenangkan Emil Salim Award

Kabar gembira dari Gedung Balai Sapta Pesona ndash; Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Jakarta, datang pada tanggal 24 Oktober 2010, Tim CSL Universitas Surabaya yang terdiri dari Claudia Windasari, Sherly Kurniawan, Asih Dewi Yuanita dan Irfanto Husada (semuanya dari Fakultas Farmasi) berhasil memenangkan Emil Salim Award.

CSL (Climate Smart Leaders) adalah program yang ditujukan bagi generasi muda dengan usia 15 ndash; 24 tahun yang memiliki aktivitas tinggi di daerah perkotaan. Program ini bertujuan tidak hanya untuk membangun kesadaran tentang pentingnya peran generasi muda untuk menjawab tantangan perubahan iklim namun juga memberikan kesempatan bagi generasi muda untuk terlibat langsung dan melakukan aksi nyata untuk menerapkan gaya hidup hijau (green lifestyle) sebagai salah satu strategi mitigasi dan adaptasi terhadap dampak negative perubahan iklim. Program yang diinisiasi oleh Yayasan Pembangunan Berkelanjutan (pimpinan Prof. Emil Salim) dan Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia/INOTEK (pimpinan Bapak Sandiaga Uno) serta didukung oleh beberapa institusi mayor (diantaranya : BNI, KOMPAS, British Council, Ancol) ini memiliki serangkaian seleksi amat ketat yang berlangsung selama 3 bulan sejak proposal proyek lulus desk evaluation.

Dengan judul proyek “Pemanfaatan Limbah Kulit Udang sebagai Suplemen Hiperlipidemia dalam Bentuk Tablet”, tim CSL UBAYA yang didampingi oleh Yunus Fransiscus/PSL (untuk perspektif lingkungan) dan Prof. Indrajati Kohar dan Agnes Nunik W. (untuk bidang kefarmasian) serta didukung penuh oleh Laboratorium Polimer jurusan Teknik Kimia, berhasil melalui semua seleksi dengan sangat baik sampai meraih posisi puncak untuk kategori 19 ndash; 24 tahun (mahasiswa dan sederajat). Yang lebih membanggakan adalah dari 12 finalis yang masuk babak grand final di Jakarta, tim CSL UBAYA adalah satu ndash; satunya wakil dari perguruan tinggi swasta (4 dari ITB, 3 dari Universitas Diponegoro, 1 dari Universitas Gajah Mada, 1 dari ITS, 1 dari Universitas Lambung Mangkurat dan 1 dari Politeknik Negeri Malang). Lebih dari itu, koordinator tim CSL UBAYA, Claudia Windasari mendapat grant dari British Council untuk mengikuti Project Management Leadership on Climate Change yang akan diadakan di Hanoi, Vietnam pada tanggal 22 ndash; 27 November 2010, hanya 4 perwakilan dari seluruh Indonesia yang dikirim ke even tersebut.

Sukses buat tim CSL UBAYA ndash; the champion is US !!!