Universitas Surabaya Sukses Menembus Webometric Edisi Januari 2010 fathulhusnan February 11, 2010

Universitas Surabaya Sukses Menembus Webometric Edisi Januari 2010

Di awal bulan Pebruari 2010, Webometric kembali merilis ranking Web Universitas seluruh dunia, yang dalam beberapa tahun terakhir telah menjadi salah satu parameter bergengsi untuk mengukur kualitas situs web dari sebuah perguruan tinggi.

Apabila sebelumnya Webometric menyusun ranking sebanyak 6000 situs perguruan tinggi di seluruh dunia, untuk edisi kali ini Webometric menambahkan jumlah ranking menjadi 8000 untuk mewadahi meningkatnya jumlah situs web yang ada.

Universitas Surabaya nampaknya menoreh prestasi yang sangat menggembirakan untuk edisi Januari 2010, dimana untuk pertama kalinya situs web Universitas Surabaya (Ubaya) yang dapat diakses melalui alamat https://www.ubaya.ac.id ini berhasil masuk dalam peringkat 8000 besar. Bahkan yang lebih menggembirakan adalah situs web Ubaya merupakan situs web pendatang baru tertinggi untuk universitas di Indonesia, dengan berhasil menempati ranking 30 dari 42 universitas di Indonesia yang berhasil masuk di peringkat Web yang diliris tersebut. Sementara itu untuk tingkat dunia, Ubaya berhasil menempatkan situsnya di ranking 3926, yang juga sangat menggembirakan mengingat sebelumnya situs ini belum tercakup dalam 6000 peringkat yang dirilis Webometric pada pertengahan tahun 2009. Tentunya peringkat yang diperoleh ini tidak lepas dari kerja keras yang telah dilakukan untuk terus mengembangkan situs web yang ada dengan berbagai berita dan informasi yang diakses oleh penggunanya dari seluruh dunia.

Berikut adalah data peringkat yang diperoleh oleh situs web Ubaya :

Indonesian Rank World Rank University Name Position
Size Visibility Rich Files Scholar
30 3926 Universitas Surabaya 2,909 2,092 8,851 9,750

Bila dilihat dari posisi berdasarkan Size, situs web Ubaya berhasil meraih peringkat 17 dari seluruh universitas di Indonesia. Sedangkan untuk Visibility, posisi yang lebih tinggi berhasil diraih yaitu posisi 12 dari 42 universitas di Indonesia yang berhasil menembus ranking tersebut. Namun nampaknya team situs web harus bekerja lebih keras lagi untuk menambahkan berbagai Rich Files (gambar, video, audio, dan berbagai media lainnya) serta Scholar ( dokumen hasil penelitian, skripsi, thesis, dan sebagainya) untuk kembali mempertahankan atau bahkan meningkatkan posisinya.

Semoga team situs web Ubaya, termasuk team Warta Ubaya yang terus menyumbangkan berbagai artikel dan dukungan penerjemahan dari Kantor Hubungan Internasional, yang berada di bawah koordinasi Sistem Informasi Manajemen ini terus bersemangat untuk kembali menorehkan prestasinya di edisi Webometric berikutnya. Viva Ubaya !!!

Stephanus Eko Wahyudi
Manajer Sistem Informasi Manajemen
Universitas Surabaya

Referensi: