AMINEF Jalin Kerjasama dengan Universitas Surabaya fadjar December 10, 2009

AMINEF Jalin Kerjasama dengan Universitas Surabaya

Enam perwakilan universitas terkemuka di Amerika Serikat (AS) berkunjung ke Ubaya. Dikoordinasi oleh American – Indonesian Exchange Foundation (AMINEF), kunjungan mereka kali ini ingin bekerja sama melebarkan sayap pendidikan negeri Paman Sam dengan Ubaya. Berawal di International Village Ubaya Tenggilis, tepat 8 Desember 2009 ini kerjasama ini dimatangkan oleh kedua belah pihak.

Delegasi AS sendiri diwakili oleh Brook Ross, Janine Farhat, Visakan Geneson, Jennifer Marinello, Maura Flaschner, Joel Weaver, Ellen Blauw, dan Anne Schneller. Kedatangan mereka sendiri ingin lebih serius menjalin kerjasama dengan Ubaya.“Ini merupakan step awal atas kerja sama antara Ubaya dan universitas di USA,” ungkap Wakil Rektor I, Prof Ir Lieke Riadi PhD.

Menurut Lieke, kesempatan kerjasama ini akan terbuka dengan baik dalam pertukaran pelajar, pertukaran karyawan, dan kerja sama di bidang penelitian. ”Pertukaran pun bisa dilakukan berdasarkan Memorandum of Understanding (MOU),” ungkap Visakan Geneson, direktur pendidikan internasional dari Everett Community College.

Dengan mengantongi dual degree di FBE dan FT, setidaknya peluang itu makin terbuka lebar. Lebih lanjut, Brook Ross, selaku koordinator tim mengatakan dengan kerjasama ini setidaknya pendidikan di AS dapat mudah diakses mahasiswa Ubaya. ”Terbuka peluang besar akan ada pertukaran pelajar di Ubaya dengan pelajar di Amerika,” tutur Rektor Ubaya, Prof Drs ec Wibisono Hardjopranoto MS.

Kepercayaan AMINEF untuk menggandeng Ubaya dalam kerjasama pendidikan ini diungkapkan oleh Jennifer Marinello, Direktur Asosiasi dari Ohio State University. Ia mengaku, Ubaya sangat kental dengan budaya multikulturnya. Terbukti, mahasiswa asing yang ada di Ubaya berasal dari segala penjuru dunia seperti, China, Prancis, Korea, Belanda yang sudah membaur dengan sivitas akademika Ubaya. ”Ubaya benar-benar berkelas dunia. Kesiapan Ubaya dalam menyambut mahasiswa asing sangat bagus,” ujar wanita berambut pendek itu.

Jadi, tak perlu khawatir jika ingin melanjutkan studi ke Amerika. Segala informasi bisa diakses di internet dan mahasiswa dapat melakukan transfer (Satuan Kredit Semester) SKS. ”Kami (universitas di Amerika) mengakui SKS mahasiswa asal Indonesia, terutama Ubaya,” bebernya. Pihak Ubaya, yakni fakultas semisal FBE, gencar mencari universitas yang cocok untuk menjalin kerjasama. So, berminat kuliah di Amerika? Langsung saja datang ke perwakilan AMINEF di International Village Ubaya Tenggilis. (rin/wu)