Kolaborasi Promosi SNI fadjar November 30, 2009

Kolaborasi Promosi SNI

25/11/2009
Badan Standardisasi Nasional bekerjasama dengan MASTAN Wilayah Jawa Timur, Universitas Surabaya, PT. Semen Gresik, PT. Garuda Food dan Dinas perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, menyelenggarakan kegiatan promosi SNI dalam rangka memperingati Bulan Mutu Nasional 2009.

Kegiatan yang dikemas dalam berbagai bentuk games ini, mampu menyedot perhatian pengunjung Royal Plaza, salah satu pusat perbelanjaan di kota Surabaya. Games yang ditampilkan antara lain; detektif SNI, yaitu permainan mencari produk bertanda SNI dikotak yang berisi aneka produk dan lomba mencari tanda SNI yang tertera pada backdrop “ada standar di sekelilingku”.

Beraneka respon yang diberikan oleh pengunjung dan peserta games tersebut antara lain disampaikan oleh Elizabeth danChristine, dua orang mahasiswa yang menyatakan baru menyadari bahwa betapa banyak produk-produk yang ada standarnya. Misalnya, ukuran baju yang mereka kenakan; “kami baru tahu, ternyata ukuran baju itu ada standarnya ya, kami pikir standar hanya untuk hal-hal yang berkaitan dengan teknologi”. Ibu Ella Masruhah, seorang karyawan swasta juga menyatakan “ternyata produk yang kita konsumsi sehari-hari itu ada standarnya ya, saya tidak tahu kalau tulisan SNI (tanda SNI ndash; red) itu ada artinya, dan artinya ternyata menunjukkan kualitas yang baik, mudah-mudahan kedepannya timbul kesadaran kami para Ibu rumah tangga untuk memilih produk bertanda SNI bagi keluarga kami”. “Susah sekali nyarinya, karena tulisannya kecil sekali,” kata Natalia Anna, salah satu pengunjung yang terpaksa harus melotot lama karena tulisan SNI di sebuah minuman kemasan dipasang dengan huruf sangat kecil.

Kolaborasi untuk menghasilkan sinergi yang dahsyat ini merupakan embrio kegiatan promosi yang melibatkan stakeholder standardisasi di Jawa Timur. Kelompok Civitas akademika diwakili Kelompok Studi Mahasiswa ndash; Teknik Industri, Universitas Surabaya, kelompok industri diwakili PT. Semen Gresik dan PT. Garuda Food Divisi biskuit dan air minum dalam kemasan, Kelompok pemerintah di wakili BSN dan Disperindag Prov Jatim.
Dalam kesempatan ini, Ir. M. Rosiawan, Ketua Korwil MASTAN Jatim mengatakan, sosialisasi ini juga digelar dalam rangka Bulan Mutu Indonesia yang jatuh setiap November. Melalui sosialisasi ini, dia berharap masyarakat Surabaya mengetahui bahwa produk yang sebaiknya digunakan maupun konsumsi adalah yang sudah ber-SNI. “Kalau sudah ada label SNI-nya, berarti produk itu dijamin keamanannya, kesehatannya maupun kualitasnya,” kata Rosiawan. Ditambahkannya, setelah masyarakat paham dengan SNI diharapkan mereka membeli produk yang sudah berstandar nasional. Selanjutnya, Mastan akan bergerak terus melakukan edukasi ke kalangan pelajar maupun mahasiswa tentang pentingnya produk SNI.

Wakil Industri yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, PT Garudafood Putra Putri Jaya dalam hal ini diwakili oleh Widjatmono Martanto – Manager PDCA Management Representative, mengatakan ” Penerapan SNI sendiri bagi perusahaannya merupakan komitmen untuk meningkatkan mutu produk. Padahal, selain SNI produk, PT Garudafood juga memiliki sertifikat dari BPOM dan SNI/ISO 9001, selain itu SNI mensyaratkan sebuah perusahaan untuk menjalankan sistem manajemen yang lebih baik terlebih dahulu. Meskipun harus diiringi dengan pengeluaran biaya yang lebih besar untuk mendapatkannya”. ”Besarnya biaya, terutama dialokasikan untuk uji kandungan bahan makanan, seperti protein dan mikrobiologi. Diakuinya, persyaratan SNI memang sangat ketat tapi ini sudah komitmen kami untuk meningkatkan mutu,”

Perusahaan lain yang berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah PT. Semen Gresik, bagi PT. Semen Gresik, kegiatan sosialisasi seperti ini merupakan sebuah komitmen dan bentuk kepedulian (corporate social responsibility) untuk mencerdaskan masyarakat, hal tersebut dikatakan oleh Mochamad Haris, staf management Development System – PT. Semen Gresik. ”Kalau untuk membagikan produk ke masyarakat tentu tidak mungkin, karena produk kami adalah semen namun kami tetap memiliki kepedulian untuk menyadarkan masyarakat akan arti pentingnya mengkonsumsi produk bertanda SNI”. PT Semen Gresik sudah menerapkan SNI untuk seluruh produknya, apalagi semen merupakan produk yang dikenakan SNI wajib dari pemerintah.

Acara yang diselenggarakan di hari minggu, tanggal 22 November 2009 ini diharapkan akan berlanjut di waktu-waktu mendatang dengan jangkauan dan mitra yang lebih luas lagi. Ayo gunakan produk bertanda SNI !!!.(btw-nh-sw)

Sumber: https://www.bsn.go.id