Temu Mahasiswa dan Alumni Akuntansi Universitas Surabaya di Jakarta fadjar November 10, 2009

Temu Mahasiswa dan Alumni Akuntansi Universitas Surabaya di Jakarta

Jurusan Akuntansi FE UBAYA mengadakan acara temu mahasiswa dan alumni pada 6 Oktober 2009 lalu. Para alumni yang diundang hadir adalah alumni yang saat ini menjadi profesional di bidang akuntansi yang bekerja di Kantor Akuntan Publik “Big Four” di Jakarta. Acara yang diselenggarakan di Rumah Makan “Bakmi GM” ini bukan hanya menjadi ajang melepas kerinduan terhadap masa-masa kuliah di UBAYA, namun juga telah membuka wawasan para mahasiswa Jurusan Akuntansi FE UBAYA angkatan 2006 sampai dengan 2008 yang ikut hadir. Para alumni juga menyempatkan waktunya untuk menceritakan suka dukanya, bekerja di “Big Four”.

Suasana acara berlangsung dengan nyaman dan menyenangkan, di mana para mahasiswa dan para dosen yang hadir (Bpk. Dedhy Sulistiawan, Bpk. Fidelis Andono, Ibu Yenny Sugiarti, dan Ibu Yuliawati Tan) saling berbincang dengan para alumni, membuat acara ini semakin berkesan. Acara semakin seru saat satu persatu alumni mulai sharing tentang bagaimana suasana kerja di “Big Four”, apa saja yang dilakukan saat bekerja, dampak positif yang mereka peroleh, dan suka duka selama menjalani masa jabatan. Ditambah lagi dengan pertanyaan-pertanyaan spontan dari para mahasiswa yang sangat antusias menanggapi share dari alumni, sehingga membuat acara ini tidak akan pernah terlupakan oleh setiap undangan yang hadir.

Semoga acara ini berlanjut tahun depan dengan lebih banyak alumni dari berbagai bidang pekerjaan yang bisa diundang, agar hubungan alumni, mahasiswa, dan dosen UBAYA senantiasa terjalin dengan baik dan menguntungkan masing-masing pihak(Diva).

Company visit di “big four” accounting firms jakarta

Satu lagi event besar yang diselenggarakan oleh Jurusan Akuntansi FE UBAYA, di mana kesuksesannya tidak lepas dari peran seluruh mahasiswa yang ikut serta dalam acara ini. Acara yang dikelola oleh panitia dari dosen (Bpk. Dedhy Sulistiawan, Bpk. Fidelis Ardono, Ibu Yenny Sugiarti, dan Ibu Yuliawati Tan) dan mahasiswa (Diva Malinda) ini bertujuan untuk menjalin kerjasama jangka panjang yang baik dengan “BIG FOUR” Accounting Firms yang berdomisili di Jakarta tersebut.

Sampai saat ini banyak alumni Akuntansi FE UBAYA yang telah bekerja di sana, sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan company visit ini dapat meningkatkan keinginan mahasiswa UBAYA untuk merencanakan dan meraih masa depan mereka melalui “BIG FOUR” Accounting Firms tersebut. Hari pertama, pada 6 Oktober 2009, setelah tiba di Jakarta, kami segera menuju hotel di mana kami menginap, yakni Hotel Garand Tropic. Setelah makan siang, kami langsung menjalani sesi kunjungan ke Price WaterhouseCoopers (PwC).Acara ini adalah salah satu acara yang berkesan, karena telah dikemas secara menarik dan bermakna oleh tim panitia dari PwC. Rangkaian acara pada kunjungan pertama ini terdiri dari presentasi dari pihak PwC, sesi tanya jawab, dan study case, yang juga memberi arahan untuk peserta recruitment PwC. Malam harinya, para peserta melepas kerinduan pada seniornya dalam sesi “Temu alumni Jurusan Akuntansi FE UBAYA.”

Hari ke dua, 7 Oktober 2009, bagi peserta angkatan 2006 mengikuti recruitment PwC di kawasan Gatot Subroto, sedangkan angkatan 2007 dan 2008 diajak untuk melihat dari dekat bagaimana suasana kerja dan lebih mengenal KPMG Accounting Firm. Setelah menyelesaikan acara padat, panitia memberikan kesempatan peserta untuk berkunjung ke tempat wisata. Adapun rombongan terbagi menjadi dua kelompok tujuan, yaitu DUFAN dan Mangga Dua.

Pada hari ke tiga para rombongan mengawali sarapan di Hotel Grand Tropic agar kami dapat menjalani aktivitas kunjungan ke Deloitte Accounting Firms. Di sana kami disambut dengan hangat dan kehadiran para alumni yang bekerja di sana. Acara tersebut terdiri dari presentasi dari pihak Deloitte, sharing dari alumni, dan sesi tanya jawab.

Banyak peserta yang menginginkan acara ini dapat terselenggara secara rutin setiap periode, karena mereka merasa mendapatkan banyak hal yang berharga, baik dari segi akademis, yakni menambah pengetahuan lapangan pekerjaan di accounting firms dan non akademis, yakni mengakrabkan antara dosen dan mahasiswa, juga sesama mahasiswa itu sendiri (Diva).