Semangat Proud Of Our Culture Dari Ubaya Untuk Kompas Gramedia Fair 2009 fadjar March 20, 2009

Semangat Proud Of Our Culture Dari Ubaya Untuk Kompas Gramedia Fair 2009

Menarik, sederhana, menggemaskan, dan imut… itu kesan orang ketika melihat karakter bergaya Chibi (cebol khas Jepang). Tradisional, penuh filsafat, dan rumit… itu kesan orang ketika melihat budaya tradisional (Indonesia). Nah, bagaimana jika keduanya digabungkan?

Jumat sore (13 Maret 2009), nuansa cross culture Indonesia-Jepang menyemarakkan kemeriahan Kompas Gramedia Fair 2009, yang bekerja sama dengan Warta Ubaya (MuDA Creativity) . Sebuah free workshop seni-grafis sekaligus launching buku Mastering Chibi Character digelar di sela-sela lalu lalang pemburu buku.

Workshop yang didukung oleh Elex Media Komputindo ini dipandu oleh Bonnie Soeherman dan Adhicipta R. Wirawan, sekaligus sebagai tim penulis. Buku dengan ide sederhana ini juga mendapat dukungan dan apresiasi dari Prof Drs ec Wibisono Hardjopranoto.

Uniknya, duo pembicara tidak memiliki latar belakang pendidikan formal di bidang seni maupun grafis. Mereka adalah dosen tetap akuntansi Universitas Surabaya yang kebetulan memiliki hobi serupa. ”Indonesia punya banyak karakter keren yang layak dipopulerkan. Sayang jika tidak digarap atau ”diakui” oleh negara lain karena seolah tak bertuan”, ungkap Bonnie ketika bercerita tentang latar belakang pembuatan proyek ini. ”Perlu dukungan semua pihak, pemerintah, sekolah, investor, seniman, dan seluruh orang yang mengaku berbangsa Indonesia untuk memajukan budaya lokal di tingkat internasional”, tambahnya.

Workshop ini diawali dengan tuturan eksploratif tentang keanekaragaman kisah wayang, cerita rakyat, dan misteri ala Indonesia oleh Adhicipta. Selanjutnya, acara ini lebih banyak menampilkan demo teknik menggambar karakter bergaya Chibi dengan latar cerita khas Indonesia dan dilanjutkan dengan demo proses digitalnya, inking, coloring dan effect experiment dengan Adobe Photoshop. Acara kian seru saat pemutaran sebuah trailer animasi kartun yang didominasi tokoh-tokoh lokal Indonesia, seperti Rama, Sinta, Nyi Roro Kidul, Leak, Sundel Bolong, Nawang Wulan, dan sebagainya.

Pada akhir acara sempat diadakan acara bagi-bagi beberapa buku Mastering Chibi Character gratis bagi peserta. Proud of Our Culture! (ben/wu)