KSM Akuntansi Ubaya Mengadakan The 5th Accounting Challenge Championship Dengan Tema ‘Be A Winner’ fathulhusnan November 28, 2008

KSM Akuntansi Ubaya Mengadakan The 5th Accounting Challenge Championship Dengan Tema ‘Be A Winner’

Pada Tanggal 21 dan 22 November 2008 di Gedung Pascasarjana, Gedung SGFE dan PE 3 1 ndash; 3 3, KSM Akuntansi yang didukung penuh oleh Jurusan Akuntansi Universitas Surabaya menyelenggarakan The 5th Accounting Challenge Championship atau yang lebih dikenal dengan singkatan The 5th ACC. Acara ini merupakan agenda tahunan dari KSM Akuntansi yang didukung penuh oleh Jurusan Akuntansi untuk mempersiapkan UAC (Ubaya Accounting Competition ) yaitu lomba akuntansi tingkat nasional yang akan diadakan oleh KSM Akuntansi , yang rencananya akan diselenggarakan pada bulan Juni 2009 mendatang. Disamping itu, ACC juga dimaksudkan untuk mancari bibit-bibit lomba yang akan mewakili nama besar UBAYA dalam perlombaan ndash; perlombaan tingkat nasional nantinya.

The 5th ACC kali ini bertemakan “be More than A Winner” yang berarti mengikuti suatu ajang perlombaan yang terpenting bukan untuk menjadi juara tetapi mendapatkan lebih dari sekedar pemenang. ACC sendiri merupakan lomba akuntansi dengan lingkup internal , dengan kata lain hanya boleh diikuti oleh mahasiswa Ubaya jurusan akuntansi S1. ACC dibagi menjadi 2 kategori , yaitu kategori 1 untuk mahasiswa angkatan 2005-2006 yang diikuti oleh 9 kelompok dan kategori 2 untuk mahasiswa angkatan 2007 yang diikuti oleh 20 kelompok. Setiap kelompok beranggotakan 3 orang, sehingga keseluruhan peserta berjumlah 87 orang.

Untuk The 5th ACC kali ini, terdapat perubahan sistem lomba dari ACC sebelumnya. Perubahan ini dimaksudkan untuk menghasilkan calon juara yang benar ndash; benar siap baik hardskill maupun softskill, selain itu juga menguji ketahanan fisik peserta melewati outbound yang diadakan di sekitar Fakultas ekonomi. Melewati The 5th ACC ini juga melatih kecepatan berpikir peserta melalui babak cepat ndash; tepat.
Pada hari pertama ( 21 November 2008 ) dilakukan 2 babak penyisihan yaitu babak penyisihan individu (Alone) dan babak penyisihan team (Fantastic Three). Pada babak penyisihan individu (Alone) peserta diberikan 100 soal pilihan ganda dalam waktu 1 jam, sedangkan pada babak penyisihan team (Fantastic Three) peserta diberikan 100 soal benar/salah yang dikerjakan 1 team. Dari 9 team angkatan 2005-2006 diambil 6 team dan 9 team dari 20 team angkatan 2007 yang lolos babak semifinal. Babak semifinal ini juga dibagi menjadi 2 babak yaitu babak cepat tepat (speed racer) dan babak angkat papan (bat your score).

Dari 15 team tersebut, diambil lagi 10 team yang lolos babak final yang diadakan Sabtu, 22 November 2008. Pada babak Final ini juga terdapat 2 babak yaitu Outbound (The Journey to the Center of Ubaya) dan debate (we are Legend). Pada babak We are Legend ini peserta diharuskan menggunakan Bahasa Inggris dalam presentasi maupun debate yang dilakukan.

Dari akumulasi nilai pada babak final ini, ditentukan juara per angkatan. Untuk angkatan 2005-2006 juara I adalah kelompok Performance yang beranggotakan Melany Santoso, Novia Desideria, dan Susanti Dewi Yasa. Juara 2 adalah kelompok Goodwill yang beranggotakan Chriysander Holiwono, Lina Erlina, dan Yuriharja. Juara 3 adalah kelompok Shenanigans yang beranggotakan Alfon Octavianus, Michael Batista, dan Tito Malindo.

Sedangkan untuk angkatan 2007, juara 1 adalah kelompok Net Income yang beranggotakan Maria Vanessa, Yuangga dan Ika Chandra. Juara 2 adalah Cash Receipt yang beranggotakan Ika Jaya, Jessica Johana, dan Intan Paramita. Dan juara 3 adalah Process Costing yang beranggotakan Mario Tannur, Ninik Diana, dan Widya Lie.

The 5th ACC ini bisa terselenggara karena ada dukungan dari para dosen jurusan akuntansi Ubaya dan KAFEUS (Korps Asisten Fakultas Ekonomi Universitas Surabaya) yang telah memberikan dukungan soal dan bersedia menjadi juri pada beberapa babak. (Anastasia)