Kuliah Umum Menteri Ekonomi Belanda fathulhusnan November 17, 2008

Kuliah Umum Menteri Ekonomi Belanda

Pada hari Rabu, 12 November 2008, diselenggarakan kuliah umum internasional bertajuk “The Global Energy Market and Its Challenges. Toward a Secure and Sustainable Energy Supply” di Perpustakaan lantai V, Universitas Surabaya (Ubaya).

Narasumber yang hadir adalah, Menteri Ekonomi Belanda H.E. Maria Van Der Hoeven dengan dipandu oleh Dekan Fakultas Ekonomi Ubaya Sujoko Efferin PhD.

Kuliah umum ini dihadiri dosen, mahasiswa Indonesia maupun asing yang menempuh studi di Ubaya, alumni, Kedutaan Besar Belanda, Pengurus Yayasan Ubaya, para pengusaha yang tergabung dalam Forum Komunikasi dan Konsultasi Ubaya, Perwakilan pendidikan Belanda, serta perwakilan dari beberapa universitas.

Tujuan penyelenggaraan kuliah umum ini adalah meningkatkan wawasan tentang berbagai peluang dan ancaman yang muncul terkait isu krisis energi dunia dan antisipasi yang perlu dilakukan oleh pelaku usaha ke depan.

Kuliah umum ini dibuka oleh Rektor Ubaya Prof. Wibisono Hardjopranoto, dilanjutkan dengan presentasi oleh HE van Der Hoeven yang dibawakan dengan amat menarik dan diakhiri dengan diskusi.

Berbagai isu kritis yang dilontarkan oleh peserta, antara lain kemauan politik dan moral dari berbagai pemerintah maupun perusahaan minyak dunia, kesiapan modal, teknologi dan SDM pengusaha Indonesia dan peranan perguruan tinggi, semakin memperkaya wacana yang muncul.

Acara ini merupakan komitmen Ubaya untuk semakin eksis sebagai sebuah universitas Indonesia bertaraf internasional. Saat ini Ubaya telah memiliki mahasiswa dari berbagai belahan dunian antara lain Indonesia, Belanda, Perancis, Jerman, Korea, China, Vietnam, Turki, dan Kanada. Semoga kalangan bisnis Indonesia dapat semakin proaktif dan antisipatif dalam memasuki era bisnis berbasis energi terbarukan.

Dikutip dari harian Kompas, Senin 17 November 2008