Jurusan Teknik Informatika Ubaya Mengadakan Informatic Logical Programming Competition 2008 fathulhusnan February 20, 2008

Jurusan Teknik Informatika Ubaya Mengadakan Informatic Logical Programming Competition 2008

ILPC (Informatic Logical Programming Competition) 2008 yang diadakan oleh Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Surabaya, memperebutkan Piala Bergilir Walikota Surabaya dengan target peserta adalah siswa-siswi SMA dari berbagai kota di Indonesia. Kompetisi ini diadakan setiap tahun dan kali ini merupakan kali kedua kompetisi ini diadakan. Tema ILPC 2008 kali ini adalah World of Technology dan disponsori oleh KapanLagi.Com.

Panitia acara ILPC 2008 adalah para mahasiswa dari Jurusan Teknik Informatika UBAYA dari berbagai angkatan. Ketua ILPC 2008 adalah Ivan Mochtar Olianto, mahasiswa angkatan 2006, telah berhasil melangsungkan kegiatan ini dengan sukses. Berbagai koordinasi dan rapat telah diadakan oleh panitia yang terdiri atas 50 orang mahasiswa dengan persiapan yang bisa dibilang cukup lama.

Berbagai acara telah disiapkan oleh tim acara dimulai dengan kegiatan bazaar untuk mendukung kegiatan ILPC 2008 ini yang diadakan sebelumnya pada tanggal 10-12 Desember 2007 dengan membuka beberapa stand baik dari sponsor maupun undangan di Gedung Serbaguna Fakultas Teknik. Selain ini, bazaar ini juga dimeriahkan oleh lomba dance yang didukung oleh KMM Sport UBAYA.

Puncak kegiatan yang diadakan pada tanggal 18-19 Februari 2008 ini mewarnai area Fakultas Teknik UBAYA dengan kemeriahannya dan didukung oleh beberapa sponsor. Acara dimulai dengan sambutan dari Ketua Jurusan Teknik Informatika, Lisana, M.Inf.Tech, dan secara resmi dibuka dengan pemotongan pita oleh Dekan Fakultas Teknik UBAYA, Ir. Benny Lianto. E.S, M.MBA.T. Gerimis yang menyertai acara pembukaan ini tidak dirasakan oleh para peserta dan panitia yang menyaksikan suguhan menarik dari MAPAUS UBAYA. Beberapa mahasiswa yang tergabung dalam MAPAUS UBAYA juga ikut mendukung suksesnya kegiatan ini dengan melakukan aksi panjat turun dari atap gedung TC lantai 4 dengan menggunakan tali sambil membawa spanduk yang menyatakan kegiatan ILPC 2008 ini dibuka. Selanjutnya kompetisi ini dimulai dengan rally oleh para siswa di area Fakultas Teknik UBAYA. Lalu-lalang para siswa, lari-lari kecil, dan gelak tawa serta keseriusan di setiap pos yang tersebar di Fakultas Teknik UBAYA menambah hangat suasana di area tersebut.

Acara hari pertama ditutup dengan pengumuman kelompok-kelompok yang lolos ke babak final, untuk berkompetisi di hari kedua. Terdapat tiga kelompok yang mempunyai total nilai sama sehingga hari kedua diikuti oleh dua belas kelompok, yang berasal dari SMAK St. Louis I (8 kelompok), SMA St. Agnes(1), SMA Frateran(1), SMA Petra 2(1), SMA Negeri 16(1). Acara hari kedua lebih serius daripada hari pertama karena para peserta langsung berada di depan komputer dan mengerjakan soal-soal yang membutuhkan konsentrasi cukup tinggi.

Pemenang yang membawa pulang Piala Bergilir Walikota Surabaya dan Piala Juara I adalah kelompok yang berasal dari SMAK St. Louis I Surabaya. Juara II dan Juara III juga dimenangkan oleh SMAK St. Louis I Surabaya. Selain keempat piala tersebut, uang dengan total nilai tujuh juta lima ratus ribu rupiah juga berhasil dibawa pulang oleh sekolah ini. Prestasi yang membanggakan dari sekolah ini memang telah ditunjukkan dari hari pertama kompetisi ini berlangsung dengan pengumpulan nilai yang sangat tinggi.

Tahun depan, ILPC 2009 akan diadakan lagi oleh Jurusan Teknik Informatika dengan lebih greget lagi. Sampai jumpa di ILPC 2009.