Pembelajaran oleh Ikatan Akuntan Publik Indonesia (IAPI) dan Dosen Jurusan Akuntansi – FE Ubaya bagi Siswa SMA di Surabaya fathulhusnan February 9, 2008

Pembelajaran oleh Ikatan Akuntan Publik Indonesia (IAPI) dan Dosen Jurusan Akuntansi – FE Ubaya bagi Siswa SMA di Surabaya

IAPI dan dosen Jurusan Akuntansi ndash; FE Ubaya pada hari Jumat, 18 Januari 2008 dan Selasa, 22 Januari 2008 memberikan pembelajaran di dua SMA terkemuka di Surabaya, yaitu SMAK St. Louis I dan SMAK Petra 2. Pembelajaran ini bertujuan untuk membuka wawasan para siswa SMA mengenai profesi akuntan yang mungkin bisa mereka tekuni dalam meniti karir di masa depan. Hal ini dilatarbelakangi perkembangan dunia bisnis yang pesat, di mana banyak perusahaan dan bidang bisnis baru yang bermunculan. Oleh karena itu, kebutuhan akan adanya suatu informasi yang mampu digunakan untuk menganalisa kondisi suatu badan usaha sangatlah dibutuhkan, baik untuk pihak internal badan usaha itu sendiri maupun untuk pihak eksternal perusahaan.

Beberapa hal penting dalam materi yang disampaikan kepada para siswa SMA adalah peran akuntansi bagi perusahaan. Pada hakekatnya akuntansi adalah ”bahasa bisnis” yang sifatnya universal. Artinya akuntansi saat ini tidak hanya digunakan untuk organisasi profit saja, tetapi kebutuhan akan informasi akuntansi juga merambah pada bidang lain seperti organisasi pemerintahan maupun organisasi non profit.

Karena semakin meningkatnya kebutuhan akan informasi akuntansi, maka tak pelak, peran para akuntan semakin vital dalam berbagai bidang. Pada gilirannya profesi akuntan saat ini semakin berkembang, baik dalam hal kemampuan yang harus dimiliki, banyaknya jasa yang bisa ditawarkan, profesionalisme dan tentu saja besarnya gaji ataupun fee yang bisa diperoleh, sehingga profesi akuntan saat ini layak diperhitungkan di masyarakat.

Ketua IAPI kompartemen Akuntan Publik Indonesia Timur, Dra. Lea C. Buntaran, Ak. sangat gembira dengan inisiatif pihak FE Ubaya untuk memberikan pembelajaran bagi para siswa SMA. Beliau berharap proses ini berlanjut pada pembekalan ilmu akuntansi kepada para guru yang mengajar mata pelajaran akuntansi, sehingga para guru ini nantinya bisa memberikan ilmu akuntansi terkini dan menjadi bekal yang bermanfaat bagi para siswa SMA.

(Adhicipta R. Wirawan, S.E.,Ak.)