Mahasiswa Teknik Informatika UBAYA Terpilih Menjadi Grand Finalist Indonesia ICT Awards 2007 fathulhusnan November 14, 2007

Mahasiswa Teknik Informatika UBAYA Terpilih Menjadi Grand Finalist Indonesia ICT Awards 2007

Karya dari salah satu mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Universitas Surabaya, Theodorus Christian Mitsutama, berhasil lolos menjadi salah satu dari tiga finalis Indonesia ICT Awards 2007 Sub Kategori Proyek Mahasiswa dan Siswa Pendidikan Non-Formal. Bersama dengan 2 finalis lainnya, hasil karya berjudul Pembuatan Aplikasi Berbasis Teknologi Nirkabel Untuk Sistem Pemesanan Pada Rumah Makan ini akan mewakili Indonesia untuk mengikuti 7th Internasional APICTA Awards, 26-29 November 2007 di Singapura.

INAICTA 2007 (Indonesia ICT Awards 2007, https://www.ina-ictawards.web.id/) adalah ajang pemberian apresiasi dan penghargaan terhadap beragam inovasi para putra-putri bangsa yang diselenggarakan secara bersama-sama oleh seluruh komunitas teknologi informasi dan komunikasi dengan dukungan penuh dari Departemen komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Kegiatan yang berskala nasional ini diisi dengan lomba karya cipta di bidang teknologi informasi dan komunikasi dan diselenggarakan mulai bulan Juni 2007 sampai dengan bulan November 2007 yang diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Proyek yang dikerjakan oleh Theodorus untuk diikutkan dalam ajang ini merupakan hasil Tugas Akhir yang dia lakukan di Jurusan Teknik Informatika UBAYA. Proyek ini dibuat untuk menjawab kebutuhan manajer sebuah rumah makan dalam pemanfaatan teknologi informasi yang ada sehingga diharapkan dapat membuat sistem pemesanan yang efektif dan efisien sehingga pengerjaan di bagian produksi dapat dilakukan dengan relatif lebih cepat, juga pengaturan terhadap stok siap olah, sehingga data yang diakses merupakan data yang selalu up-to-date. Kebutuhan lain adalah untuk melakukan koordinasi dan pengawasan staf sehingga pada akhirnya rumah makan tersebut dapat memberikan layanan yang memuaskan bagi pelanggan.

Proyek ini menggunakan PDA sebagai inputan untuk mengirim secara langsung data pesanan ke terminal yang ada di bagian dapur atau bar. Ketersediaan menu yang dapat dipesan oleh pelanggan dapat diketahui saat pemesanan terjadi , sehingga kemungkinan terjadinya ketidaktersediaan menu dapat dihindari. Sistem tersebut diharapkan dapat mempercepat dan meningkatkan pelayanan dan table turnover terutama di jam-jam sibuk.

Proyek ini terbagai atas berbagai aplikasi, yaitu aplikasi yang diimplementasikan pada PDA dan aplikasi pada desktop. Aplikasi yang dibuat dapat menangani berbagai hal seperti pemesanan menu, penjadwalan pemakaian meja, pemisahan dan penggabungan nota, pencatatan terhadap menu-menu yang perlu perlakuan khusus, penjualan paket khusus, dan berbagai jenis laporan dan pencetakannya. Laporan-laporan yang diberikan dapat diakses melalui web browser dengan pertimbangan kemudahan pengembangan aplikasi ini di kemudian hari. Laporan-laporan ini juga dapat disimpan dalam bentuk file bertipe .pdf dan .xls. Masalah keamanan data juga diperhitungkan dalam pengerjaan proyek ini, sebagai gambaran secara umum dapat dikatakan bahwa setiap bagian aplikasi memiliki hak akses masing-masing.