Universitas Swasta Terbaik 2010 versi TEMPO

Jumlah dan pertumbuhan PTS di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2007, data APTISI (Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia) adalah sebesar 2.761 PTS yang tersebar di seluruh Indonesia, meningkat dua kali lipat lebih apabila dibandingkan pada data 10 tahun sebelumnya, dimana pada tahun 1997 tercatat sebanyak 1.293 PTS.

Pesatnya pertumbuhan ini semakin meningkatkan perguruan tinggi swasta untuk memperebutkan calon mahasiswa yang akan memasuki masing-masing perguruan. Selain itu, persaingan dengan perguruan tinggi negeri yang juga semakin lebar membuka pintunya, nampaknya juga tidak bisa dihindarkan lagi.

Pada bulan September – Oktober 2009, TEMPO kembali mengadakan sebuah survey secara nasional yang bertujuan untuk menentukan daftar Universitas Swasta Terbaik 2010 versi TEMPO.  Survey ini bertujuan untuk memberikan panduan kepada orang tua dan calon mahasiswa untuk dapat menentukan perguruan tinggi swasta yang sesuai dengan harapannya.

Survey didesain untuk pengumpulan data kuantitatif dengan menggunakan metode wawancara sebanyak 1.500 responden dari 7 wilayah di Indonesia: Jabodetabek (300), Bandung (200), Semarang (200), DI Yogyakarta (200), Surabaya (200), Medan (200), dan Makasar (200). Adapun profil responden adalah sebanyak 51% siswa SMU berjenis kelamin perempuan, dan 49% berjenis kelamin laki-laki. Untuk orang tua, sebanyak 51% adalah ibu, dan 49% adalah ayah. Untuk Status Sosial dan Ekonomi (SES) sebanyak 58% berasal dari kelas A, 29% dari kelas B, 11% dari kelas C, dan 2% dari kelas D/E. Berdasarkan jurusan, sebanyak 57% merupakan siswa SMU jurusan IPS dan sisanya 43% berasal dari IPA.

Responden dipilih dengan menggunakan metode pengambilan sampel systematic random sampling dimana data sampel diambil dari buku telepon (pelanggan telepon). Supaya hasil analisis mewakili populasi yang ada, maka digunakan faktor pembobot dengan membandingkan jumlah populasi calon mahasiswa dan orang tua dengan jumlah sampel di masing-masing wilayah. Orang tua dan calon mahasiswa diminta untuk menilai secara umum PTS terbaik berdasarkan wilayah masing-masing dan menurut fakultas/jurusan.

Data hasil survei diolah dengan menggunakan analisis deskriptif dan pemeringkatan thurstone untuk menentukan urutan PTS terbaik. Oleh karena itu, terlihat pula besaran jarak nilai antar PTS pada ranking.

Berikut adalah beberapa hasil dari survei yang telah dilakukan oleh Pusat Data dan Analisa TEMPO untuk menentukan peringkat perguruan tinggi swasta 2010. Hasil survey selengkapnya bisa dilihat di buku TEMPO – UNIVERSITAS SWASTA TERBAIK 2010 – Panduan Memilih Perguruan Tinggi 2010.

PERGURUAN TINGGI SWASTA TERBAIK NASIONAL 2010

  1. Universitas Trisakti (USAKTI)
  2. Universitas Parahyangan (UNPAR)
  3. Universitas Islam Indonesia (UII)
  4. Universitas Katolik Atmajaya
  5. Universitas Bina Nusantara (UBINUS)
  6. Universitas Kristen Indonesia (UKI)
  7. Universitas Tarumanegara (UNTAR)
  8. Universitas Surabaya (UBAYA)
  9. Universitas Gunadarma
  10.  Universitas Pelita Harapan (UPH)

 

PERGURUAN TINGGI SWASTA TERBAIK JAWA TIMUR 2010

  1. Universitas Surabaya (UBAYA)
  2. UPN Jatim
  3. STMIK SBY
  4. UNTAG SBY
  5. UK PETRA

 

JURUSAN EKONOMI AKUNTANSI TERBAIK NASIONAL 2010

  1. Universitas Trisakti
  2. UII
  3. Universitas Surabaya (UBAYA)
  4. Universitas Parahyangan
  5. UISU

 

JURUSAN HUKUM TERBAIK NASIONAL 2010

  1. Universitas Trisakti
  2. UII
  3. Universitas Surabaya (UBAYA)
  4. Untag Semarang
  5. UISU

 

JURUSAN PSIKOLOGI TERBAIK NASIONAL 2010

  1. UII
  2. Unika Soegijapranata
  3. Universitas Surabaya (UBAYA)
  4. Unissula
  5. Universitas Sanata Dharma (USD)

 

PTS TERBAIK NASIONAL RESPONDEN JAWA TIMUR 2010

  1. Universitas Surabaya (UBAYA)
  2. Universitas Trisakti (USAKTI)
  3. UPN Jatim
  4. STIKOM Surabaya
  5. Universitas Pancasila (UP)
  6. Universitas Kristen PETRA
  7. Universitas Tujuh Belas Agustus Surabaya (UNTAG)
  8. ABFI Perbanas
  9. Universitas Dr. Soetomo (UNITOMO)
  10. Unika Atmajaya


PTS TERBAIK DENGAN BIAYA TERJANGKAU JAWA TIMUR 2010

  1. UPN Jatim
  2. Universitas Surabaya (UBAYA)
  3. Universitas Tujuh Belas Agustus Surabaya (UNTAG)
  4. Universitas Dr. Soetomo (UNITOMO)
  5. Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM)
  6. Universitas Kristen PETRA
  7. STIESIA

 

Referensi:

* Daru Priyambodo et.al, 2010, Panduan Memilih Perguruan Tinggi 2010, Pusat Data dan Analisa TEMPO, Jakarta

Copyright
© 2014 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://www.ubaya.ac.id/2014/content/news_detail/555/Peringkat-Universitas-Swasta-Terbaik-2010-Versi-TEMPO---Universitas-Surabaya--UBAYA--Masuk-Dalam-10-Besar--.html