Untuk ukuran cewek, postur tubuh Gabriel Sophia (21) bisa dibilang jangkung. Dengan tinggi badan 182 cm, mahasiswa Teknik Informatika, Universitas Surabaya (Ubaya) ini terlihat lebih menonjol dari teman-temannya.

Dan, pemilik sepatu berukuran 47 ini sangat sadar dengan kondisinya. Ia pun memilih olahraga basket sebagai hobinya. Pilihan itu ternyata sangat tepat. Gadis asal Balikpapan ini berhasil mendulang berbagai prestasi membanggakan. Baru-baru ini ia mengantarkan tim Ubaya menjadi juara pertama Liga Mahasiswa. Dia juga mendapat gelar MVP (Most Favourite Player), Top Rebound dan Top Bocking.

"Rasanya bangga bisa membawa Ubaya jadi juara satu," katanya saat ditemui dikampusnya, belum lama ini.

Prestasi ini ternyata bukan kali ini saja ditorehkan oleh gadis yang biasa disapa Gaby ini. Tahun 2011 ia memperkuat tim basket Indonesia di Sea Games Palembang. Ia juga dua kali mewakili Jatim di PON Samarinda 2008 dan PON Riau 2011.

Demi basket ini Gaby yang kini tercatat sebagai anggota Klub Surabaya Fever ini harus mengorbankan sebagian waktunya. Bahkan kuliahnya pun harus dikorbankan demi basket. Seperti ketika harus mengikuti pemusatan latihan menuju Sea Games, Gaby terpaksa harus cuti setahun dari kuliahnya.

"Mumpung masih muda, saya harus ambil kesempatan ini. Basket itu kan cuma sampai umur berapa. Bukannya saya nyampingin kuliah, tapi kesempatan ini tidak datang dua kali," imbuhnya.

Kini, ketika tidak ada turnamen, ia tetap latihan rutin. Hal itu semata-mata dilakukan untuk meraih prestasi yang lebih membanggakan. (uus)

Sumber: Surya, 1 Maret 2013