Jakarta - Tim Putri Universitas Surabaya (Ubaya) menjuarai turnamen bola basket Liga Mahasiswa (Lima) 2013 setelah menghancurkan Universitas Parahyangan Alligator Putri 73-38 pada pertandingan final di Gedung Olahraga Pulogadung Jakarta, Minggu.

Pemain center Ubaya, Gabriel Sophia dan Marjoice Fedora memimpin rekan-rekannya untuk terus konsisten dan mendominasi sepanjang empat kuarter dengan pertahanan ketat yang dibarengi transisi apik untuk menekan Parahayangan.

Marjoice Fedora menjadi 30 persen mesin poin Ubaya, sekaligus peraih angka tertinggi dengan torehan 26 poin, dua rebound, dan satu asisst.

Sedangkan Gabriel mencatat "double-double" dengan hasil fantastis 19 poin dan 17 rebound dan empat "block".

Pertahanan yang digalang Gabriel Sophia sejak awal memang menjadi momok yang menakutkan bagi Parahayangan.

Beberapa kali, Gabriel melakukan "block" yang akhirnya memulai "turn over" dan berbuah poin untuk Ubaya. Namun, Parahayangan juga beruntung memiliki Patricia Irmalia dan Andrea Tanurachman yang beberapa kali menciptakan asa untuk mojang-mojang Bandung dengan sumbangan poinnya.

Di kuarter pertama, Andrea melewati kawalan ketat Gabriel dan melakukan "lay up" indah yang membuat anak-anak Bandung unggul satu bola di awal kuarter pertama.

Gabriel seolah tidak ingin mengulangi kesalahannya lagi dengan melakukan tiga "block" keras yang menyudahi aksi Vania dan diteruskan oleh turn over Marjoice Fedora yang berhasil mencuri posisi untuk melesatkan tiga angka dan membuat skor 12-8. Marjoice kembali lepas dari kawalan dan dengan leluasa melesatkan tembakan tiga angka yang menutup kuarter pertama 15-8.

Marjoice dan rekan dari Ubaya, Mega Nanda serta Gabriel kembali tampil cukup baik di awal kuarter kedua dan mengantar Ubaya mendominasi jalannya permainan. Melalui "set play" yang baik dan memanfaatkan lengahnya transisi Parahayangan, Mega mampu melesatkan empat poin dan membuat skor 25-11.

Pelatih Parahayangan, Arifin, mencoba memainkan kembali Mandie Soengkono untuk melakukan "drive" yang dapat mengacaukan pertahanan ketat Gabriel.

Namun, pemain Parahayangan Mia Aulia, Atty Juliani dan kawan-kawan tampak tidak tenang dengan beberapa kali lengah saat bertahan dan terburu-buru dalam menyerang.

Lambatnya transisi setelah menyerang pun dimanfaatkan dengan baik oleh Marjoicee yang terus mendulang poin untuk anak-anak Surabaya. Di kuarter kedua, tembakan tiga angka Marjorice menutup kuarter dengan skor 33-19.

Di Kuarter ketiga, perlawanan anak-anak Bandung tampak sudah habis. Marjoice bebrapa kali dengan leluasa melesatkan bola dan membuat skor menjadi 38-21.

Atty Juliani seakan memberi napas untuk anak-anak Bandung dengan dua kali tembakan dua poinnya. Skor kuarter ketiga masih menyisakan selisih angka yang cukup jauh 54-31.

Di kuarter keempat, dengan keunggulan jauh, Ubaya berada di atas angin. Sayang, Marjoice tampak ambisius dan melakukan lay up yang dengan mudah ditahan Atty Juliani. Parahayangan tidak mau menyerah begitu saja dengan kerja keras Elsa Silvia yang arus berjibaku melewati Gabriel.

Gabriel dengan postur tingginya melewati hadangan Atty dan mencetak angka untuk memperbesar keunggulan Surabaya. "Set play" yang baik dari pemain yang baru masuk, Jessica Christiani di kubu Surabaya, Ratih Priarti berhasil melesatkan dua angka dan memperlebar keunggulan menjadi 71-38. Dua poin terakhir dari Jessica yang membuat skor 73-38 mengukuhkan Ubaya sebagai juara Basket Putri Liga Mahasiswa (Lima) 2013.

Di peringkat ketiga basket putri Lima, bercokol tim putri Universitas Pelita Harapan Eagles dengan pemain andalannya Nur Rahmawati yang menyumbang 16 poin saat mengantar tim menumbangkan Universitas Esa Unggul The Swans 63-45 dalam pertandingan perebutan tempat ketiga.

Selain Nur, Febriana Sinatra juga berhasil memanfaatkan lengahnya pertahanan Esa Unggul dengan tiga kali tembakan tiga angka dan tambahan enam poinnya yang mengatasi perlawanan sengit Fitryana Dewi Sari dan kawan-kawan.

Penulis: Yudo Dahono/YUD

Sumber:Antara

 

UBAYA “RAJA BASKET” MAHASISWA - Tim Basket Putri Juara Liga Mahasiswa

Raja Basket barang kali itulah julukan yang patut disematkan ke Universitas Surabaya (Ubaya).Berbagai prestasi berhasil diraih mulai dari tingkat lokal hingga nasional.

Terbaru,tim Basket Putri Ubaya berhasil menjuarai Liga Mahasiswa (LIMA) di Jakarta. Perjuangan untuk menjadi juara satu dilakukan dengan berbagai rintangan. Tim ini dinyatakan juara dua hari lalu setelah memenangkan pertandingan melawan tim Basket Putri Universitas Katholik Parahyangan (Unpar).

Univeristas Katholik Parahyangan berhasil ditaklukkan Ubaya dengan menang jauh 73 - 38.Berbeda pada pertandingan semifinal melawan Universitas Esa Unggul dengan menang tipis 73-61.Pertandingan yang diselenggarakan di GOR Pulo Gadung,Jakarta,sejak minggu lalu,membawa salah satu anggota tim putri Ubaya,Gabriel Sophia, memborong tiga penghargaan sekaligus.

Penghargaan yang berhasil diraih cewek dengan tinggi badan 180 cm dengan berat 75 kg adalah MVP (Most Valuable Player),Top Rebound,dan Top Blocking.Pemain yang biasa dipanggil Gaby ini mencetak total 19 point,17 rebound,4 block, dan 3 steal. “Tidak menyangka,saya mendapat julukan pemain terbaik kali ini,karena yang terpenting bagi saya adalah bermain sebaik mungkin untuk tim,selesaikan pertandingan dengan kata menang, ”ungkap Gaby saat ditemui saat kesibukannya kuliah di Ubaya.

Untuk mendapatkan prestasi itu,Gaby mengaku, melakukan latihan secara khusus.Bersama temantemannya yakni,Sumiati Sutrisno,Jessica Dwi Christiani,Olivia Claudia Hadinata,Mega Nanda Perdana Putri,Maya Pratiwi, Prisca Roselyn Kwa,Vionna Friliantie Christalia,Ratih Priarti,StephanieYolanda, Melissa,Lovina Wijaya,Laili Setia,dan Eilien Pangestu melatih fisik dengan tekun.

Mereka dibimbing salah satu pelatih yang mengajarkan kedisiplinan untuk memperoleh hasil maksimal. Dari latihan itu,hasilnya mulai terlihat.Perempuan ini dijuluki sebagai pemain ahli bola rebound.Dengan tinggi badan yang dimiliki,dia selalu memenangi perebutan bola dengan lawan-lawannya.

Bahkan,dalam pertandingan final kemarin,pemain ini sangat terkenang dengan proses memasukkan bola ke ring.Karena bola dibawa mulai garis pertahanan dan melewati pemain-pemain lawan,akhirnya mengecoh pemain terakhir dan memasukan bola ke ring.“Saya spesial di bawah ring,itu tugas yang diberikan kepada saya. Pokoknya saya pegang bola di bawah ring hampir semua masuk,”ujar Gaby dengan bangga.

Dengan prestasi ini,Gaby berharap mendapatkan imbalan yang seimbang.Dia berharap mendapatkan beasiswa.Jika selama ini mendapatkan beasiswa 49%, untuk tahun ini bisa mendapatkan bonus lebih dari 49%. Terpenting semakin sedikit beban biaya kuliah maka semangat untuk menjadi yang terbaik akan terus berkumandang.“Saya yakin, rektorat akan memberikan bonus yang lebih,”ungkapnya.

Keseriusan yang ditunjukkan mahasiswamahasiswa dalam meraih juara di LIMA ini karena dorongan kampus sangat kuat. “Gelar MVP ini diatasnya Favourit.Jadi ini sangat membanggakan,”kata Public Relations Universitas Surabaya (Ubaya) Hayuning Purnama.

Dalam memberikan bonus, rektorat melakukan penilaian secara profesional.Mahasiswa yang benar-benar memiliki dedikasi tinggi,mereka akan mendapatkan penghargaan sesuai dengan kemampuan. ARIEF ARLIYANTO Surabaya

Sumber: http://www.seputar-indonesia.com
 


Tim Basket Putri Ubaya Juara Liga Mahasiswa

SURYA Online, SURABAYA - Senyum mengembang ditunjukkan 13 mahasiswa anggota tim basket Universitas Surabaya saat ditemui di kampusnya, Selasa (26/2/2013).

Dengan bangga mereka mengangkat piala bergilir Liga Mahasiswa yang baru diraihnya dua hari sebelumnya.

"Ini kedua kalinya tim basket putri ubaya meraih juara pertama," kata Mega Nanda Perdana Putri, anggota tim basket putri Ubaya.

Diceritakan Mega, perjuangan mereka mendapat gelar juara itu tidak mudah.

Timnya harus latihan selama satu bulan penuh dengan bimbingan dua pelatihWellianto Pribadi dan Sapto Wahyu.

Ujian terberat dialami mereka saat memulai pertandingan. Beberapa anggota timnya harus beristirahat karena sakit.

Tim ubaya akhirnya dinyatakan juara setelah mengalahkan tim basket putri Universitas Katholik Parahyangan (Unpar) dengan score 73-38.

Berbeda saat semifinal melawan Universitas Esa Unggul yang menang tipis 73 - 61.

Sumber: http://surabaya.tribunnews.com

 

Tim Basket Putri Juara I Liga Mahasiswa

SURABAYA-Tim basket putri Ubaya berhasil meraih prestasi gemilang. Mereka menyabet juara 1 dalam pertandingan bergengsi Liga Mahasiswa. Tim yang terdiri dari tujuh orang tersebut, dinyatakan menang dua hari lalu sesaat setelah memenangkan pertandingan melawan tim basket putri Universitas Katholik Parahyangan (Unpar).

Yang istimewa, dari tujuh orang anggota tim, salah satu pemain basket putri Ubaya menyabet 3 gelar sekaligus yaitu MVP (Most Valuable Player), Top Rebound dan Top Blocking). "Gelar MVP ini, di atasnya Favourite. Jadi ini sangat membanggakan," kata Public Relations Universitas Surabaya (Ubaya), Hayuning Purnama, Selasa (26/2).

Anggota tim putri yang memborong tiga penghargaan sekaligus tersebut adalah Gabriel Sophia. Cewek dengan tinggi badan 180 cm dan berat 75 kilogram tersebut, mencetak total 19 poin (field goal 9-dari-13), 17 rebound, 4 blok dan 3 steal. (nin/het)