Cari Interview

Kata Kunci

 

Arsip Interview

Imajinasi yang Menjadi Nyata Lewat Rekayasa Genetika

Universitas Surabaya (UBAYA):

Senin, 4 Maret 2013
Pernah berimajinasi untuk membuat buah semangka yang berbentuk kotak? Atau mungkin bunga mawar yang berwarna biru? Hal tersebut bukanlah sebuah imajinasi lagi, tetapi telah ada dan merupakan sebuah karya yang dapat dijelaskan secara ilmiah oleh para ahli, yaitu melewati rekayasa genetika. Tanaman yang mengalami rekayasa genetika ini biasa disebut tanaman transgenik. »

Trend Harlem Shake Masih Dipengaruhi Hegemoni Negara

Universitas Surabaya (UBAYA):

Sabtu, 2 Maret 2013
Berbicara tentang trend memang tidak ada habisnya. Dari waktu ke waktu trend selalu mengalami pergeseran dan selalu menarik perhatian sejumlah kalangan khususnya bagi kawula muda. Trend dapat terwujud dalam bentuk apapun termasuk tingkah laku atau behavior style seseorang, contohnya saja pada tahun lalu trend yang sangat booming di beberapa belahan dunia termasuk Indonesia adalah trend Gangnam Style yang dipopulerkan oleh PSY band asal Korea. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, pamor trend »

Kurikulum SMA yang Baru tidak Ada Lagi Penjurusan

Universitas Surabaya (UBAYA):

Senin, 11 Pebruari 2013
Perubahan kurikulum pendidikan di Indonesia telah mengalami perubahan berulang kali. Untuk tahun 2013 ini, kurikulum pendidikan akan dirubah dengan konsep tematik integratif yang diterapkan untuk SD, SMP, SMA dan SMK. Alasan terjadi perubahan kurikulum ini karena kurikulum yang berlaku terlalu padat dan tidak efisien. “Wajar jika di Indonesia mengalami perubahan kurikulum karena kurikulum yang lama berkonsep subyek meter sehingga dirubah menjadi menjadi lebih tematik integratif,” ujar Dr Len »

Bisakah Mobil Listrik Diterapkan?

Universitas Surabaya (UBAYA):

Jumat, 1 Pebruari 2013
Kehadiran mobil listrik sudah ramai diperbincangkan di Indonesia. Mobil yang diduga akan diterapkan di Indonesia ini didukung oleh presiden kita, Susilo Bambang Yudhoyono. Beliau yakin Indonesia berpeluang bagi pengembangan mobil listrik dan tingginya harga minyak mentah dunia membuat mobil listrik berpotensi terus dikembangkan. Tapi apakah mobil listrik tidak ada kelemahannya? Seperti yang kita tahu mobil listrik merupakan alat transportasi dengan inovasi baru yang bentuknya sama seperti mobil »

Petik Manfaat dari Kegiatan Keorganisasian

Universitas Surabaya (UBAYA):

Kamis, 10 Januari 2013
Kualitas Universitas Surabaya (Ubaya) tak perlu diragukan lagi dalam membekali dan mencetak lulusannya menjadi orang yang berguna bagi negara. Tak sedikit dari mereka yang telah sukses setelah lulus dari Ubaya. Salah satu alumni Ubaya tersebut adalah Budi Prasetyo SH MM yang kini menjabat sebagai Direktur Kewaspadaan Nasional Indonesia. "Kesuksesan saya saat ini tak lepas dari pengembangan diri pada saat kuliah," ungkapnya. »

Pedagang Daging Butuh Pembinaan Etika

Universitas Surabaya (UBAYA):

Jumat, 4 Januari 2013
Dampak kenaikan harga daging menjadi pengalaman tersendiri bagi masyarakat dan berbagai pihak tertentu. Tentunya pedagang daging sebagai pelaku utama yang terlibat kerap memutar otak karena terkena dampak tersebut. Faktanya, ada pedagang daging yang dengan sengaja menjual daging rusak dan juga melakukan penyimpangan lainnya. Dosen yang akrab disapa Verina ini mengaku bahwa pedagang daging harusnya beretika dan tidak merugikan orang lain. »

Pengusaha Dalam Negeri Pasti akan Pusing

Universitas Surabaya (UBAYA):

Senin, 15 Oktober 2012
Yup krismon, mau kembali ke jaman 1998? Tentu tidak, jika yang mengalami kenaikan harga hanya pada mainan saja, ya cuek aja. Tapi kalau yang mengalami kenaikan harga adalah hal-hal yang menjadi kebutuhan manusia seperti tarif dasar listrik, bagaimana? Akankah masyarakat pro dengan kebijakan pemerintah yang satu ini? Ataukah masyarakat akan demo seperti saat kenaikan BBM yang lalu? Menurut Drs Ec H Ahmad Zafrullah Toyibnapis, MS selaku dosen jurusan ilmu ekonomi yang pernah berpartisipasi dalam p »

Harumkan Ubaya dengan Konsistensi dan Prioritas

Universitas Surabaya (UBAYA):

Kamis, 4 Oktober 2012
Wijaya Saputra, Tony Agus, Yunita Sugianto, Dean Yuliyanto, Venica Nancy, Lolita Sandra. Itulah enam nama atlet basket kebanggaan alumni Ubaya. Bagaimana tidak membaggakan? Mereka telah meyumbang banyak medali serta mengharumkan nama Ubaya di kancah nasional maupun internasional. »

Ada Kekerasan dalam MOS? Jangan Takut Lapor!

Universitas Surabaya (UBAYA):

Senin, 6 Agustus 2012
Masa Orientasi Bersama (MOS) sebenarnya merupakan masa-masa dimana siswa pertama kali menginjakkan kakinya di sekolah. Pada masa tersebut, siswa-siswa baru tentunya tengah beradaptasi dengan lingkungan. Tetapi belakangan ini MOS, yang harusnya menjadi kenangan terindah para siswa, telah dinodai dengan kekerasan. Kekerasan merupakan sikap yang cenderung memiliki konotasi negatif dan seringkali merugikan orang lain. Kekerasan dari sisi psikologisnya adalah suatu tindakan yang bisa dikategorikan se »

INDONESIA GREEN AWARD tidak Hanya Bermodal Kampus Hijau

Universitas Surabaya (UBAYA):

Kamis, 19 Juli 2012
Bumi ini bukanlah milik mereka yang cinta lingkungan saja, namun merupakan milik kita semua yang hidup di dunia ini. Seiring berkembangnya teknologi, banyak orang yang tak sadar telah merusak lingkungan. Perilaku malas dan kurang peduli terhadap lingkungan menjadi faktor utama memburuknya kondisi lingkungan. Hingga akhir-akhir ini muncul permasalahan besar yang harus dihadapi penduduk bumi ini, yaitu global warming. Sempat juga muncul isu-isu bahwa air akan menjadi sesuatu yang amat sangat berha »

Mari E. Pangestu: Komunitas Kreatif tidak Boleh Mati

Universitas Surabaya (UBAYA):

Sabtu, 14 Juli 2012
Indonesia adalah Negara yang kaya akan budaya dan masyarakat yang kreatif. Berbagai budaya Indonesia memiliki daya tarik yang tersendiri. Hanya saja tinggal dipersiapkan sumber daya yang perlu disediakan sejak awal. “Luar biasa, sumber daya yang utama untuk memajukan industri kreatif adalah sumber daya manusia. Indonesia memiliki 50% penduduk yang tergolong muda dengan usia kurang dari 29 tahun, aspek muda ini mendorong ekonomi kreatif dimana dapat menciptakan nilai tambah. Yang paling berpote »

Tak Seorang pun Ingin Menjadi Transgender

Universitas Surabaya (UBAYA):

Kamis, 12 Juli 2012
Fenomena Transgender kini tengah meraba dunia anak remaja Indonesia. Entah sebagai topik perbincangan atau malah memutuskan sebagai transgender. Lalu, apa yang menyebabkan seseorang memutuskan sebagai transgender? Apakah karena faktor genetik? Ataukah karena faktor psikologis? Mari kita simak wawancara WU kali ini… »

Setumpuk Sampah dapat Dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik?

Universitas Surabaya (UBAYA):

Rabu, 4 Juli 2012
Sampah selalu dianggap sebagai suatu permasalahan, mulai dari polusi lingkungan, sumber bibit penyakit, menghabiskan tempat, hingga mengurangi nilai estetika. Bagi masyarakat kota, tentunya ini merupakan problem yang berkelanjutan apabila tidak segera ditangani. Pada wawancara kali ini bersama ketua Pusat Studi Energi Terbarukan, Bapak Eliezer Tarigan PhD, fokus sampah yang dibahas adalah sampah perkotaan serta potensi yang terkandung. »

Kurangi Dampak Pencemaran Sungai di Surabaya

Universitas Surabaya (UBAYA):

Selasa, 19 Juni 2012
Sungai merupakan sarana aktivitas manusia. Mulai dari mencuci, MCK, hingga sebagai sumber air minum. Bahayakah untuk terus dikonsumsi jika melihat kondisi sungai kita yang sekarang? Pencemaran air acapkali menjadi masalah tersendiri di kota Surabaya. Banyaknya sungai yang tercemar juga merusak pemandangan Kota Pahlawan ini. Sumber pencemaran tersebut dapat berasal dari limbah industri dan limbah rumah tangga. »

Tanamkan Sejak Dini Buruknya Perilaku Curang

Universitas Surabaya (UBAYA):

Rabu, 6 Juni 2012
Tahun terakhir di setiap jenjang pendidikan seringkali menjadi momok bagi sebagian besar pelajar Indonesia. Kebijakan pemerintah dalam menentukan standar kelulusan Ujian Nasional (Unas) selama ini tak jarang menuai banyak pro kontra di berbagai kalangan. "Variasi kualitas pendidikan di setiap sekolah tidak sama, namun mereka harus mencapai suatu standar yang sama," ungkap Dr. Lena N Pandjaitan M Ed ketika diminta untuk menjelaskan penyebab munculnya berbagai perilaku siswa saat menghad »

Raih Akreditasi A untuk Apoteker

Universitas Surabaya (UBAYA):

Rabu, 2 Mei 2012
Fakultas Farmasi Ubaya patut bangga akan prestasi yang diraih. Maret 2012 silam, Fakultas Farmasi mendapatkan akreditasi A sesuai keputusan DIKTI. Ini merupakan gelombang pertama dalam penilaian akreditasi untuk program profesi apoteker. Awalnya, akreditasi untuk prodi »

Kenaikan BBM Bukan Penyelamat Ekonomi

Universitas Surabaya (UBAYA):

Selasa, 10 April 2012
BBM hampir selalu menjadi topik yang hangat untuk dibicarakan. Apalagi pemerintahbaru-baru ini sempat menuda keinginan untuk menaikkan harganya. Salah satu kelemahan dari pemerintah kita adalah tidak dimilikinya strategi energi. Prof Wibisono Hardjopranoto, seorang pakar ekonomi berpendapat, “seharusnya pemerintah memiliki perencanaan strategis (strategic formulation) untuk mengatasi ketergantungannya pada BBM. Walaupun sekitar tahun 2005-2006 yang lalu, pemerintah sudah sempat membicarakannya »

Kaya akan Sumber Daya Alam, masih Mengimpor?

Universitas Surabaya (UBAYA):

Jumat, 9 Maret 2012
Negara Indonesia dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat tidak lepas dari kegiatan impor. Sudah jelas bahwa Indonesia dari dulu telah melakukan impor dari negara–negara seperti Thailand, Kamboja, dll. Semuanya telah diperhitungkan dengan baik antara permintaan dan penawarannya, begitu pula dengan import gula dan beras yang akan dilakukan Indonesia tahun ini. »

Hasilkan Tanaman Bebas Hama melalui Rekayasa Genetik

Universitas Surabaya (UBAYA):

Jumat, 2 Maret 2012
Pernahkah kita membayangkan mengiris bawang tanpa mengeluarkan air mata? Tentu saja hal tersebut bukan sekadar isapan jempol belaka. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, berbagai jenis tanaman mampu dimanipulasi genetiknya untuk menghasilkan sifat baru yang menguntungkan bagi manusia. Contohnya saja tearless onion, mawar biru, semangka kotak, dan masih banyak lagi. »

Standar Kerja yang Baik Cerminkan Mutu dan Kualitas Universitas

Universitas Surabaya (UBAYA):

Kamis, 1 Maret 2012
Kian hari kian banyak universitas yang berlomba-lomba mempertahankan kualitas dan mutunya. Sebab universitas dengan kualitas dan mutu yang baik pasti memiliki nilai plus di mata masyarakat. Apalagi universitas tersebut memiliki standar sistem yang sudah dijaminkan layaknya Ubaya. »

Pentingnya Peran Aktif Masyarakat dalam Mengatasi Korupsi

Universitas Surabaya (UBAYA):

Sabtu, 18 Pebruari 2012
Korupsi sudah bukan menjadi istilah asing lagi bagi masyarakat di Indonesia. Bahkan akhir-akhir ini, kasus korupsi makin semarak. Bagaimana tanggapan pihak Ubaya mengenai hal tersebut? “Penegakan hukum tidak hanya kewajiban pemerintah, tapi juga masyarakat,” ungkap Marianus Yohanes Gaharpung SH MS. »

Obat Selalu Memiliki Efek Samping

Universitas Surabaya (UBAYA):

Rabu, 15 Pebruari 2012
Tanpa disadari sudah banyak macam obat yang beredar di kalangan masyarakat, dari obat modern hingga obat herbal atau tradisional masih eksis beredar di pasaran. Masing-masing obat pasti terdiri dari komponen-komponen tertentu. Komponen-komponen tersebut tentunya memiliki efek samping yang berbeda-beda sehingga diperlukan penelitian yang lebih lanjut agar hasil obat yang dikonsumsi lebih optimal. »

Dua Jalur yang Berbeda tetapi Saling Mendukung

Universitas Surabaya (UBAYA):

Sabtu, 11 Pebruari 2012
Suatu kemajuan yang baik jikalau ada salah satu SMK di Indonesia yang bisa membuat mobil berbahan bakar gas. Memang kita seharusnya turut bangga terhadap hal tersebut. Namun bukan berarti tingkatan pendidikan yang lebih tinggi yaitu mahasiswa dikatakan kalah terhadap siswa SMK. »

Rahasia Mempertahankan Akreditasi A Fakultas Psikologi Ubaya

Universitas Surabaya (UBAYA):

Senin, 9 Januari 2012
Mempertahankan akreditasi A bukanlah hal mudah yang dapat dilaksanakan oleh setiap Fakultas di dalam sebuah Universitas. Namun dengan usahanya, Fakultas Psikologi (FP) Ubaya berhasil mempertahankan akreditasi tersebut ketika banyak universitas yang mengalami penurunan. »

Penerapan Blue Ocean Strategi di Tengah Carut Marutnya Dunia Perpajakan

Universitas Surabaya (UBAYA):

Kamis, 15 Desember 2011
Pernahkah Anda membaca buku Blue Ocean Strategy? Buku yang membahas strategi untuk menemukan lautan biru (Blue Ocean) yang diwarnai hanya sedikit persaingan? Dengan latar belakang di bidang keuangan dan akuntansi, Pimpinan sekaligus Pemilik Artha Raya Consult ini menuturkan bahwa buku tersebut sangat menginspirasi beliau untuk menekuni perpajakan »

  Hal [ 1 2 3 ]