Cari Artikel

Kata Kunci

 

Arsip Artikel

Proses Rekonstruksi Pengungsi Merapi dalam tinjauan Hidup Ukuran Kaping Sekawan Ki Ageng Suryomentaram

Universitas Surabaya (UBAYA):

Selasa, 26 Pebruari 2013
Tulisan ini akan menggambarkan tentang proses rekonstruksi pengungsi Merapi berdasarkan tinjauan Kawruh Jiwa Ki Ageng Suryomentaram. Sebagai pengantar, saat ΐйΐ pengungsi Merapi tengah menjalani fase rekonstruksi, yaitu proses kembali membangun fisik dan psikologis seperti sebelum mengalami bencana. Banyak aspek psikologis yang berperan dalam proses rekonstruksi, salah satunya adalah pandangan hidup dalam ukuran kaping sekawan (hidup dalam ukuran keempat). »

Bercerita dalam Mengajarkan Matematika

Universitas Surabaya (UBAYA):

Rabu, 20 Pebruari 2013
Tugas tri darma perguruan tinggi bagi seorang dosen bukanlah tugas mudah. Beragam kompetensi dan keahlian harus dikuasai untuk dapat mengkaitkan tugas pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat dalam kegiatan sehari-hari seorang dosen. Domain kegiatan pengajaran, penelitian, dan pengabdian yang dikonotasikan berturut-turut di ruang kuliah, di laboratorium, dan di masyarakat kalau digabungkan dan hendak dikuasai oleh satu orang adalah domain yang sangat besar. Sebagian pakar pendidika »

Galileo ternyata Seorang Matematikawan

Universitas Surabaya (UBAYA):

Selasa, 19 Pebruari 2013
Tepat pada tanggal 15 Februari 449 tahun yang lalu (tahun 1564), ilmuwan besar Galileo Galilae lahir di Pisa, Italia. Galileo, yang tidak menyelesaikan pendidikan kedokterannya karena lebih menyukai belajar matematika, memberikan sumbangan yang besar pada perkembangan ilmu fisika dan astronomi. Tercatat Galileolah yang memperkenalkan penggunaan teleskop pada bidang astronomi secara luas. Dengan menggunakan matematika astronomi dan pengamatan teleskop, Galileo menemukan benda-benda astronomi yang »

Datang Lebih Awal dan Pulang Lebih Lambat : Manfaatnya Bagi Pekerja dan Keluarga Menjawab Tantangan Kehidupan Masyarakat Urban

Universitas Surabaya (UBAYA):

Selasa, 12 Pebruari 2013
Layaknya kota besar lain di Indonesia, Surabaya sudah sangat identik dengan tingkat kemacetan tinggi. Tingkat kemacetan yang tinggi terutama terjadi di jam-jam masuk kerja dan jam-jam pulang kantor. Jam masuk kerja yang rawan kemacetan berkisar antara jam 7 sampai dengan jam 8. Sebelum jam tersebut jalan relatif lebih lancar. Jam-jam pulang kantor yang rawan kemacetan berkisar antara pukul 4 sore sampai 6 sore. Selepas jam tersebut tingkat kemacetan tidak separah jam pulang kerja. Kemacetan pada »

Belajar dari Rekan Kerja yang Positif, Sebagai Pengembangan Diri

Universitas Surabaya (UBAYA):

Senin, 28 Januari 2013
Untuk mengembangkan perilaku positif dalam bekerja harus ikut training pengembangan diri! Biasanya begitu pemberitahuan yang diberikan pihak perusahaan kepada pekerja untuk mengembangkan diri. Saat mengikuti training pekerja harus berperilaku formal, harus ada ujian kelayakan dan terkadang terdapat juga konsekuensi tidak lulus dari training. Karena itu terkadang dengan mengikuti training menjadi sebuah kegiatan yang tidak menyenangkan meskipun ada kebutuhan untuk mengembangkan diri. Sebenarnya t »

Fenomena berfoto di kamar kecil Bioskop

Universitas Surabaya (UBAYA):

Rabu, 16 Januari 2013
Berfoto bisa dilakukan oleh siapa saja untuk saat ini. Perkembangan teknologi rekam seperti kamera handphone, kamera digital, computer tablet mampu menunjang kegiatan tersebut dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Taman hiburan, pantai, pegunungan, bahkan kampus, bandara, setasiun serta kamar kecil! Fenomena berfoto di kamar kecil ini menjadi hal yang sangat menarik untuk ditulis. Tetap dengan menggunakan pendekatan semantik dan komunikasi dalam desain untuk mencocokan tanggapan dengan tan »

Renungan Tentang Lansia

Universitas Surabaya (UBAYA):

Selasa, 15 Januari 2013
Saat melihat anak kecil yang mengalami kesulitan melakukan sesuatu biasanya kita merasa kasihan. Kenapa kita merasa kasihan, karena kita tahu anak kecil tersebut belum bisa melakukan sesuatu. Namun saat anak kecil tersebut kemudian menangis untuk menunjukkan kelemahannya, akan banyak orang yang bersedia membantu. Begitu pula saat kita melihat lansia yang mengalami kesulitan melakukan sesuatu, beberapa dari kita biasanya kita merasa kasihan karena kita tahu lansia sudah mengalami berbagai degener »

Kita Memiliki Kontribusi Atas Terjadinya Keberhasilan dan Kegagalan : Tinjauan Teori Atribusi

Sabtu, 29 Desember 2012
Bangga bila berhasil dan menilai bahwa keberhasilan tersebut sebagai hasil kerja kerasnya merupakan hal biasa. Tapi bila merasa tidak berkontribusi atas kegagalan yang dialami dan menyalahkan orang lain sebagai penyebab kegagalan itu baru perlu dipertanyakan. Sebagai contoh kasus nyata yang penulis temui di lingkungan perkuliahan : Seorang mahasiswa menyalahkan teman kelompoknya ketika nilai kelompok mendapatkan nilai jelek karena merasa temannya kurang berkontribusi. Begitu juga ketika ia menda »

Natal : Mari Wujudkan Mimpi Kerukunan Dengan Belongingness

Rabu, 26 Desember 2012
atal merupakan salah satu perayaan terbesar umat Nasrani (Kristen, Katolik). Seperti layaknya hari Raya Idul Fitri atau Idul Adha bagi umat Islam, hari Raya Waisak bagi Umat Budha, hari raya Nyepi bagi umat Hindu ataupun perayaan hari keagamaan yang lain yang perlu diperimgati dalam bentuk ibadah. Natal juga diperingati secara khusyuk dalam bentuk peribadatan sehingga membutuhkan keamanan dan kenyamanan. Namun di Indonesia, Natal identik dengan ancaman bom ataupun bentuk kekerasan yang lain. Kon »

It's Tina: Analisis Semantik Cover Majalah Pria Dewasa dengan Objek Tina Toon

Sabtu, 22 Desember 2012
Studi semantik adalah studi tentang makna-makna. Studi tersebut merupakan bagian integral dari sebagian besar mazhab filsafat, meskipun sebagian mazhab menganggapnya sebagai jembatan antara filsafat dan linguistic (Kempson 1977). Menurut Susann Vihma & Seppo Vakeva (2009), Istilah lain yang pernah digunakan adalah semiotika, semiologi, semasiologi, dan semetik. Pembicaraan tentang makna kata pun menjadi objek semantik. Sedangkan menurut Pilliang (2010) semantik adalah studi tentang relasi an »

Manfaat Menulis Artikel di Web Ubaya

Universitas Surabaya (UBAYA):

Senin, 17 Desember 2012
Web ubaya memberikan banyak manfaat terutama informasi-informasi penting seputar ubaya. Penulis adalah salah seorang yang mendapatkan manfaat dengan menulis dan membaca web ubaya.Berikut beberapa artikel penulis di web ubaya yang memberikan manfaat lanjutan. Artikel-artikel tersebut menginspirasi penulis untuk membuat buku dengan tema psikologi bencana. Terdapat 2 buku hasil tulisan penulis bersama rekan dosen dan mahasiswa, buku pertama dengan judul kebersamaan dalam menerapkan psychology for d »

Karya Kami di Merapi : Dari Heroic sampai Reconstruction Phase

Jumat, 14 Desember 2012
Tulisan ini menggambarkan tentang tahapan bencana dan peran Fakultas Psikologi Universitas Surabaya dalam setiap tahapan bencana di Merapi. Tahapan bencana terdiri atas fase heroic, honeymoon, disillusionment, dan reconstruksion. Fase heroic merupakan fase awal saat dan setelah bencana. Cirinya berita bencana tersebar kemana-mana melalui berbagai media sehingga menimbulkan simpati dari berbagai pihak. Terdapat banyak bantuan silih berganti kepada korban bencana. Fase ini dapat menimbulkan keterg »

PENYIAPAN SUMBER DAYA DI BIDANG MOULDING

Universitas Surabaya (UBAYA):

Rabu, 12 Desember 2012
Artikel Manufacturing Solution # 2 ini sebetulnya merupakan lanjutan dari solusi Manufacturing Solution # 1. Pada artikel sebelumnya kita sudah mencoba menggali usaha-usaha seperti apa saja yang harus dilakukan oleh sebuah Industri Manufaktur dalam menangani kenaikan Upah Minimum Kabupaten/Kota. Antara lain dengan Desain for Manufacture and Assembly. Pada Manaufacturing Solution ini, Industri Moulding sebagai bagian dari Industri Manufaktur sengaja di angkat. Ada beberapa alasan: Pertama, Pelu »

Arti Uang Receh

Universitas Surabaya (UBAYA):

Kamis, 6 Desember 2012
Banyak dari kita yang menilai uang receh tidak terlalu penting karena yang utama adalah uang yang memiliki nominal tinggi. Namun uang receh memiliki arti yang sama seperti uang yang memiliki nominal tinggi sesuai dengan daya gunanya (baca daya beli). Tulisan ini menggambarkan tentang arti uang receh dalam kehidupan sehari-hari yang mungkin tidak disadari. Penyelamatan dari uang receh. Pengalaman teman penulis ketika mengalami kecopetan di sebuah mall sehingga tidak dapat membayar minunan ringan »

Kreativitas Pengungsi Merapi dalam Proses Rekonstruksi

Universitas Surabaya (UBAYA):

Selasa, 4 Desember 2012
Dua tahun sudah letusan gunung Merapi terjadi namun dampaknya masih dirasakan penduduk sekitar Merapi termasuk mantan pengungsi yang tinggal di Hunian Sementara (Shelter) Gondang 1 Wukirsari Cangkringan Sleman. Saat ini mereka baru saja menempati hunian tetap sehingga secara fisik kondisi mereka lebih nyaman dibandingkan saat di shelter. Adanya rumah permanen membuat pengungsi merasa lebih aman ketika di rumah saat hujan deras ataupun untuk beraktivitas. »

Meneropong Industri Kreatif Indonesia dari Pameran Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2012

Universitas Surabaya (UBAYA):

Kamis, 29 Nopember 2012
Mendadak siang itu kami diberi mandat untuk terbang ke Jakarta melihat Pameran Industri Kreatif terbesar Indonesia. Bersama Wyna Herdiana S.T., M.Ds. saya diminta untuk memantau perhelatan akbar insan kreatif di Epicentrum-Walk Jakarta. Dalam sebuah kunjungan 2 hari, yaitu tanggal 23-24 November 2012, kami berkesempatan menambah wawasan dan berjejaring dengan pelaku industri kreatif. »

UPAH MINIMUM REGIONAL DAN STRATEGI INDUSTRI MANUFAKTUR

Universitas Surabaya (UBAYA):

Kamis, 29 Nopember 2012
Penetapan Upah Minimum Regional (UMR) merupakan kegiatan rutin yang menguras energi bangsa ini. Dimulai dari pertemuan dewan pengupahan, buruh dan pengusaha (yang kadang tidak dihadiri oleh pihak tertentu), demonstrasi yang merugikan kepentingan umum sampai dengan gugatan-gugatan terkait ketidak sesuaian pendapat. Pada Tahun 2013 UMK beberapa kota di Jawa Timur sudah ditetapkan »

Social Stories Ala Punakawan Media Pendidikan Karakter Anak Usia Dini : Karya Kami di Merapi

Universitas Surabaya (UBAYA):

Rabu, 21 Nopember 2012
Salah satu luaran yang dihasilkan dari Program Psychology for Disaster yang dilakukan Fakultas Psikologi Ubaya melalui laboratorium Psikologi Umum dan Statistic Assistance Centre bagi pengungsi Merapi adalah munculnya ide Social Stories Ala Punakawan Media Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Ide ini kemudian diwujudkan dengan dana hibah kompetisi Tanoto Education Grant. Langkah awal yang dilakukan adalah memberikan pelatihan pada bunda PAUD Desa Kepuharjo Cangkringan Sleman Yogyakarta. Tim Fakul »

Mitos: 1 Suro hingga minuman serbuk

Jumat, 16 Nopember 2012
Sintesis kebudayaan Islam dengan Kebudayaan Jawa, pada kenyataannya berjalan lambat dan tertatih-tatih. Hal tersebut terjadi karena akar kebudayaan Jawa-Hindu sudah sampai pada suatu taraf fusi yang mendalam dengan puncak prestasi yang luar biasa pada kerajaan Singasari, Mataram, hingga Majapahit. (Sachari, 2001:96). Kepercayaan Jawa Kuno tetap dipertahankan hingga saat ini. Hal ini salah satunya ditunjukkan dengan adanya kepercayaan yang didasarkan pada mitos dalam menyambut bulan Suro di tanah »

Memberdayakan Mahasiswa Melalui Karya Tulis Ilmiah

Senin, 5 Nopember 2012
Karya tulis ilmiah merupakan salah satu bentuk kegiatan akademik yang berpotensi ditunda-tunda pengerjaannya oleh mahasiswa (prokrastinasi). Berdasarkan analisis teori Temporal Motivation Theory (TMT) karya tulis ilmiah yang ditunda-tunda pengerjaannya dapat disebabkan memiliki nilai (value) dan expectancy yang rendah. Bagi mahasiswa karya tulis ilmiah hanya sekadar tugas untuk diselesaikan,yang paling sering nampak adalah skripsi. Nilai karya tulis ilmiah termasuk rendah bagi mahasiswa. Mahasis »

Beruang, Boneka Beruang, dan Ted! Bukan untuk anak-anak

Universitas Surabaya (UBAYA):

Kamis, 1 Nopember 2012
Apakah anda sudah menonton film Ted? Bagi yang sudah menonton apakah anda terhibur dengan beruang lucu yang menggemaskan tersebut? Ataukah anda malah merasa bersalah membawa anak-anak menonton film ini? Jika jawaban anda lebih cocok untuk pertanyaan yang terakhir, maka hal ini sangat menarik untuk dibahas, bagaimana bisa kita harus merasa bersalah membawa anak-anak kecil kita untuk menonton film Teddy Bear ini. »

Multitasking - di Ruang Perkuliahan

Universitas Surabaya (UBAYA):

Selasa, 9 Oktober 2012
Tingkat kesadaran manusia yang bervariasi untuk berbagai tugas dapat memunculkan perilaku multitasking. Kemampuan multitasking sangat bermanfaat dalam kondisi terdapat lebih dari satu tugas yang harus dikerjakan dalam satu waktu. Mahasiswa dengan tuntutan tugas yang bervariasi dan memiliki batas waktu penyelesaian yang jelas sangat membutuhkan kemampuan multitasking. Perilaku multitasking dapat memberikan manfaat positif bagi mahasiswa. Namun apabila multitasking dilakukan pada situasi yang tida »

Menghidupkan (kembali) Kereta Api

Universitas Surabaya (UBAYA):

Sabtu, 29 September 2012
Undang-undang Republik Indonesia No.23 Tahun 2007 Tentang Perkeretaapian sudah 5 tahun berjalan, banyak harapan ketika UU ini disahkan. Masyarakat berharap ada "pesaing baru" bagi penyelenggaraan sarana angkutan masal kereta api. Dengan adanya persaingan ini masyarakat akan mendapatkan kenyamanan menggunakan transportasi darat yang lebih baik lagi. »

Refleksi Hakikat Manusia Berdasarkan Aksara Jawa

Universitas Surabaya (UBAYA):

Selasa, 18 September 2012
Aksara Jawa terdiri atas 20 aksara antara lain HO, NO, CO, RO, KO, DO, TO, SO, WO, LO, PO, DHO, JO, YO, NYO, MO, GO, BO, THO, NGO. Tidak banyak orang yang mengetahui makna dari aksara Jawa. Aksara Jawa memiliki makna gambaran atau hakikat hidup manusia di dunia. Masing-masing aksara tersebut memiliki makna misalnya aksara HO sampai dengan NGO memiliki makna. Makna aksara Jawa juga dapat diuraikan dalam bentuk HO NO CO RO KO, DO TO SO WO LO, PO DHO JO YO NYO, dan MO GO BO THO NGO. Tulisan berikut »

Model Belajar dari Karakter Punakawan

Universitas Surabaya (UBAYA):

Kamis, 13 September 2012
Semar Badranaya, Nala Gareng, Petruk Kanthong Bolong, dan Bagong merupakan tokoh pewayangan yang sangat terkenal meskipun generasi muda sekarang tidak banyak mengenalnya. Hal ini menunjukkan lunturnya budaya bangsa di tengah kemajuan jaman dan globalisasi. Tokoh-tokoh punakawan memiliki karakter tersendiri yang seharusnya dapat menjadi model belajar karakter bagi dalam menjalani kehidupan kita bila memahaminya. Punakawan memiliki bentuk masing-masing yang menggambarkan karakter-karakter. Berikut »

  Hal [ 1 2 3 ]