Pedoman Akademik Mahasiswa


Komitmen Universitas Surabaya (UBAYA) memposisikan mahasiswa sebagai potensi sumber daya manusia rasional ilmiah yang mampu berperan memajukan kesejahteraan umat manusia yang mengagungkan nilai-nilai kemanusiaan, melalui pembelajaran yang dewasa dan mandiri. Pola Orientasi Pengembangan UBAYA menetapkan pilihan fokus mendukung terciptanya masyarakat bisnis dan industri, sehingga keseluruhan program kurikuler maupun ko-kurikuler dan ekstra-kurikuler juga akan memiliki ciri-ciri khusus di sekitar itu. Pembelajaran, merupakan proses interaksi dosen-mahasiswa dan seluruh komponen pembelajaran untuk mengantarkan mahasiswa berhasil dalam studinya. Agar proses ini berjalan lancar, maka diperlukan pedoman bagi mahasiswa dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Untuk itulah universitas menerbitkan buku pedoman ini yang berisi berbagai informasi tentang profil UBAYA, fasilitas dan layanan, serta peraturan-peraturan akademik yang berlaku bagi mahasiswa UBAYA. Informasi selengkapnya dapat dibaca di sini.

Silahkan download Buku Pedoman Akademik Mahasiswa 2010 - 2011 dalam format file zip di sini (3,9 MB)

Silahkan download Buku Pedoman Akademik Mahasiswa 2011 - 2012 dalam format file zip di sini (4,1 MB)

Silahkan download Buku Pedoman Akademik Mahasiswa 2012 - 2013 dalam format file zip di sini (3,5 MB)


Siklus Kegiatan Akademik


Kegiatan Akademik dikenal sebagai 'siklus kegiatan pembelajaran yang dimulai dari siswa' sebuah proses penerimaan siswa sampai mahasiswa menyelesaikan studi mereka. Untuk mendukung pelaksanaan proses belajar di tingkat sarjana, sistem yang disebut Sistem Kredit Semester (Sistem Kredit Semester - SKS) ditetapkan. proses pembelajaran pada semester 1 dimulai dengan perencanaan belajar dan diakhiri dengan penerbitan Kartu Hasil Studi (Kartu Hasil Studi - KHS). Proses ini diulangi setiap semester.


Norma Akademik dan Etika Kampus

Norma akademik adalah ketentuan, peraturan dan tata nilai yang harus ditaati oleh seluruh mahasiswa Ubaya berkaitan dengan aktivitas akademik. Adapun tujuan norma akademik ini yaitu: agar para mahasiswa mempunyai gambaran yang jelas tentang hal-hal yang perlu dan/seharusnya dilakukan dalam menghadapi kemungkinan timbulnya permasalahan baik masalah-masalah akademik maupun masalah-masalah non akademik. Masalah akademik adalah masalah yang berkaitan langsung dengan kegiatan kurikuler, Masalah non akademik adalah masalah yang terkait dengan kegiatan non kurikuler. Pelanggaran adalah perilaku atau perbuatan, ucapan, tulisan yang bertentangan dengan norma dan etika kampus. Informasi selengkapnya dapat dibaca di sini.

Kalender Akademik


Kalender Akademik selengkapnya bisa dibaca di sini.


Kegiatan Kampus

Pengembangan kemahasiswaan UBAYA berorientasi kepada mahasiswa sebagai pusat pengembangan. Berdasarkan orientasi tersebut, UBAYA menetapkan strategi Pengembangan Kemahasiswaan yang ditujukan untuk mendampingi mahasiswa melalui kegiatan-kegiatan kokurikuler/ekstrakurikuler. Kegiatan-kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk diskusi, seminar, pelatihan dan pemberian kesempatan pada  mahasiswa  untuk  terlibat  dalam organisasi kemahasiswaan. Melalui kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan mahasiswa mampu meningkatkan potensi diri dan kepribadiannya. Informasi detail

Informasi Indekos


Anda mahasiswa atau calon mahasiswa Universitas Surabaya yang masih belum mendapatkan tempat indekos? Silahkan klik di sini lihat beberapa data indekos yang kami kumpulan per tanggal 9 Juli 2007.