Direktorat Pusat Pengembangan Kurikulum Pembelajaran

Direktur : Anindito Aditomo S.Psi., M.Phil., Ph.D.
Direktorat Pusat Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran (PPKP) adalah unit yang bertugas menunjang peningkatan mutu pembelajaran di seluruh program studi Universitas Surabaya. 
 
Layanan Direktorat PPKP:
Ubaya Learning Space (uls.ubaya.ac.id)
PPKP menyediakan dan mengembangkan fasilitas e-learning bagi seluruh program studi di Universitas Surabaya. Program ULS (untuk program studi sarjana dan pasca sarjana) dan PULS (untuk program studi diploma) menyediakan wadah online bagi dosen pengajar dan mahasiswa untuk melakukan pembelajaran secara online. Ada berbagai macam fitur yang tersedia di dalam ULS. Dosen pengajar bisa mengupload berbagai macam bahan ajar (baik dokumen, slide, maupun video) di ULS, yang kemudian bisa diakses oleh mahasiswa. Platform ULS juga menyediakan fitur kuis online yang membantu dosen untuk melakukan asesmen secara mudah dan efektif, serta fitur-fitur lainnya yang memungkinkan proses pembelajaran dilaksanakan secara online. 
 
Pelatihan Pembelajaran Bagi Dosen Pengajar Ubaya
Ada beberapa bentuk pelatihan pembelajaran yang disediakan oleh PPKP bagi dosen pengajar UBAYA. Pelatihan yang pertama adalah pelatihan pembelajaran bagi dosen awal karir dan dosen LB melalui Lokakarya Pembelajaran. Pelatihan ini memiliki tiga tahapan yaitu Tahapan I (Dasar-Dasar Pembelajaran), Tahap II ( Mentoring), dan Tahap III (Sharing Forum) ditutup dengan asesmen pembelajaran. Tujuan utama dari pelatihan tersebut adalah memberikan pemahaman mengenai prinsip pembelajaran dan bagaimana menerapkan prinsip tersebut dalam pembelajaran di kelas serta merancang rencana pembelajaran. 
 
Pelatihan yang kedua adalah pelatihan penggunaan ULS bagi dosen yang ingin menggunakan ULS secara aktif dalam pembelajaran kelas melalui kegiatan ULS Week. Kegiatan ULS Week diadakan setiap awal semester. Materi yang diberikan dalam pelatihan ini termasuk aktivasi ULS, penggunaan awal ULS, sampai penggunaan ULS tingkat lanjut.
Pelatihan pembelajaran lain yang difasilitasi oleh PPKP adalah Pelatihan PEKERTI. PPKP berkoordinasi dengan KOPERTIS Wilayah VII untuk menyelenggarakan Pelatihan PEKERTI (Pelatihan Teknik Instruksional Tingkat Dasar) dan AA (Applied Approach) bagi dosen UBAYA.
 
Pelatihan Asisten Mahasiswa
Selain memberikan pelayanan pelatihan bagi dosen, PPKP juga menyelenggarakan pelatihan bagi calon asisten mahasiswa. Kegiatan rutin ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi calon asisten mahasiswa berkaitan dengan fungsi dan tanggung jawab asisten, serta materi lainnya yang dibutuhkan asisten sebelum menghadapi perkuliahan. 
 
Hibah Internal Inovasi Pembelajaran
Program hibah internal inovasi pembelajaran merupakan salah satu langkah yang diambil PPKP untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. PPKP menyediakan hibah bagi dosen pengajar untuk merancang serta mengevaluasi inovasi pembelajaran di kelasnya. Bentuk inovasi pembelajaran ini bisa dalam pembuatan video pembelajaran, pembuatan materi, dan lain sebagainya.
 
Verifikasi Kurikulum
Layanan lain yang disediakan oleh PPKP adalah melakukan verifikasi standard pada kurikulum yang akan disahkan. Proses verifikasi kurikulum berperan penting dalam menjaga kualitas pembelajaran di Universitas Surabaya. 
 
Informasi Kontak:
Direktorat Pusat Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran (PPKP)
Universitas Surabaya
Jalan Raya Kalirungkut (Tenggilis)
Surabaya 60293
Telp : (031) 2981366
Fax : (031) 2981367