Tingkatkan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa, Ubaya Datangkan Bos Kapal Api


  • 29-05-2012
  • Fadjar Efendy Rasjid

KBRN, Surabaya : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Surabaya (Ubaya) menggandeng bos Kapal Api, Soedomo Mergonoto selaku Presdir PT. Santos Jaya Abadi, dalam talkshow yang membahas kiat-kiat mengembangkan kewirausahaan menjadi usaha yang maju dan berdaya saing baik nasional dan internasional.

Talkshow yang akan diselenggarakan pada Minggu (27/5) tersebut, merupakan salah satu kegiatan dari serangkaian acara Expo Kemitraan yang dimulai pada hari ini, Jumat (25/5). Ada 30 UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) yang memamerkan produknya. Semua produk yang dipamerkan adalah hasil binaan dari LPPM Ubaya.

"Itulah sangat tepat ketika kami mengundang Bapak Soedomo menjadi nara sumber dalam diskusi kali ini. Beliau sudah berpengalaman dalam berwirausaha dan bahkan Bapak Soedomo memiliki kiat jitu untuk mengembangkan usaha agar tetap bertahan dari pesaing yang bermunculan," ungkap Dr. Yoan Nursari Simanjuntak, S.H., M.Hum selaku ketua LPPM Ubaya, Jumat (25/5).

Yoan juga akan menjadi narasumber dalam talkshow tersebut, yang akan memaparkan masalah HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual). Pengetahuan mengenai HAKI sangat penting bagi pengusaha kecil sampai besar, karena menyangkut hak paten, hak cipta dan merk dagang yang dimiliki masing-masing pengusaha.

UMKM ini berasal dari beberapa daerah seperti Surabaya, Madura, Mojokerto (desa Kemlagi), Gresik, Trawas, dan Sidoarjo. Selain itu ada pameran hasil karya dosen dan mahasiswa dari tiap Fakultas. Expo ini juga dimeriahkan dengan festival band oleh siswa SMA/SMK dan mahasiswa serta ada campus bike rally untuk umum.

Harapan dari kegiatan ini Ubaya bisa berperan lebih dalam memfasilitasi antara masyarakat yang memiliki wirausaha mikro, kecil sampai menengah dengan pihak industri, agar terbina saling kerjasama yang saling menguntungkan.(Anik/BCS)
(Editor : Besty Simatupang)

Sumber: http://rri.co.id
 

Update: 29-05-2012 | Dibaca 8345 kali | Download versi pdf: Tingkatkan-Jiwa-Kewirausahaan-Mahasiswa--Ubaya-Datangkan-Bos-Kapal-Api.pdf