National Stok Exchange Game Tingkat SMA Tahun 2012


  • 01-05-2012
  • Fadjar Efendy Rasjid

National Stock Exchange Game merupakan kegiatan tahunan Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya bagi siswa-siswi SMA di seluruh Indonesia dengan tujuan untuk mengenalkan alternatif investasi dalam bentuk saham sedini mungkin dan untuk memberikan kegiatan yang positif kepada siswa-siswi SMA tersebut. Kegiatan tahunan yang sudah keempat kalinya ini diselenggarakan untuk memperebutkan Piala Bergilir Rektor Universitas Surabaya, bea siswa berupa Uang Sumbangan Pendidikan 100%, dan hadiah uang serta sejumlah hadiah lainnya senilai Rp12.000.000,00. Peserta pada tahun ini berasal dari 11 sekolah berbeda yang terdiri dari 22 tim.

Kegiatan ini diselenggarakan selama 3 hari dari 27 Maret hingga 29 Maret 2012. Pada hari pertama, kegiatan yang dilakukan adalah Technical Meeting, Seminar, dan Lomba Stock Exchange (Simulasi Saham) bertempat di Gedung Serba Guna Fakultas Psikologi dan Laboratorium Komputer Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya. Hari kedua dan ketiga, peserta melanjutkan acara Simulasi Saham Manual, Inbound, Night Games, Outbond, serta Penutupan dan Penyerahan Hadiah bertempat di Ubaya Training Center Trawas.

Pembiayaan kegiatan ini selain dari dana Universitas Surabaya, juga diperoleh dari sponsor tetap, yaitu PT Reliance Sekuritas, Tbk. dan PT BEI, serta penyelenggaraan bazaar dan sponsor lainnya. Disamping dukungan dana dari berbagai pihak, kegiatan ini juga didukung oleh narasumber di bidang perdagangan saham dari Indostock, yaitu Bapak Dian N Surbakti, yang berperan menyukseskan acara Lomba Stock Exchange (Simulasi Saham) di Laboratorium Komputer Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya.

Penilaian yang diberikan dalam kegiatan Stock Exchange Game merupakan penjumlahan nilai dari Lomba Stock Exchange (Simulasi Saham) di Lab Komputer, Simulasi Saham Manual, dan Outbond. SMA yang berhasil keluar sebagai Juara I adalah SMA Kristen Petra 2 Surabaya. Juara II diraih oleh SMA Margie Surabaya, Juara III diraih oleh SMA Kristen Petra 2, Juara Harapan I adalah SMA Negeri 1 Balikpapan, Juara Harapan II dimenangkan oleh SMA Negeri 2 Jember, dan Juara Harapan III diraih oleh SMA Katholik Kolese Santo Yusuf Malang. Rektor Universitas Surabaya berkenan menutup sendiri kegiatan Stock Exchange Game tahun 2012 ini.

Update: 01-05-2012 | Dibaca 10719 kali | Download versi pdf: National-Stok-Exchange-Game-Tingkat-SMA-Tahun-2012.pdf