Kerjasama Pertama Dengan Benua Amerika


  • 03-02-2007
  • Fadjar Efendy Rasjid
Ubaya selalu berusaha meningkatkan mutu dan kualitasnya. Salah satunya dengan menjalin kerjasama dengan Perguruan Tinggi (PT) lain, tidak hanya dalam skala nasional saja, tapi juga di tingkat international. Oleh karena itulah, 25 Januari 2005 lalu, bertempat di gedung International Village (IV), Ubaya melakukan penandatanganan perjanjian dengan University College of Frazer Valley (UCFV) dari Kanada. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Drs ec Wibisono Hardjopranoto MS, rektor Ubaya dan Ravy Philip, International Business Manager UCFV.

“Perjanjian kali ini hanya sebatas general agreement saja,” jelas Adi Tedjakusuma director office of international affairs Interntational Village (IV) Ubaya. General agreement yang dimaksud adalah masih kerjasama secara umum antar universitas saja. Perjanjian ini meliputi tentang student exchange, staff exchange, join research, dan pertukaran jurnal. “Namun dalam perjanjian ini masih belum mendetail dan bisa dilajutkan dalam perjanjian antarfakultas,” tambah Adi. Perjanjian inilah yang akan menjadi payung besar untuk melanjutkan perjanjian dan kerjasama lain di masa datang.
Dengan perjanjian tersebut Ubaya berharap dapat meningkatkan international expsoure. Selain memperkenalkan Ubaya tidak hanya di Indonesia, tapi juga di dunia luar, kegiatan seperti ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan Ubaya. “Perjanjian dengan UCFV ini merupakan perjanjian yang pertama dengan PT di benua Amerika,” ujar Adi. Sebelumnya Ubaya telah bekerjasama dengan banyak PT dari Eropa dan Asia.

Dalam penandatangan ini juga Wibisono dan Ravy saling bertukar informasi mengenai keadaan kampus masing-masing. “Ubaya sangat senang dan terbuka dengan perjanjian dengan PT dari luar negeri seperti ini,” ujar Wibisono. Dalam perbincangan tersebut juga hadir Sari Mandiana SH MS, dekan Fakultas Hukum Ubaya.
Update: 03-02-2007 | Dibaca 17399 kali | Download versi pdf: Kerjasama-Pertama-Dengan-Benua-Amerika.pdf