Putra - Putri Ubaya Lolos Final


  • 20-04-2012
  • Fadjar Efendy Rasjid

SURABAYA - Tim putra dan putri Universitas Surabaya (Ubaya) akan melanjutkan aksi mereka di babak final LA Campus League Regional Indonesia Timur 2012. Tim putra Ubaya sebagai juara grup A berhasil menaklukkan runner-up grup B, Universitas Jember (Unej), dengan skor telak 68-47 di Ubaya Sports Center kemarin (19/4). Sementara itu, tim putri Ubaya (juara kelompok X) mematahkan perlawanan UK Petra (runner-up kelompok Y) dengan skor 50-37.

Tim putra maupun tim putri Ubaya sejak awal kuarter mendominasi pertandingan. Pada kuarter pertama tim putra Ubaya memimpin dengan skor 28-16. Pada kuarter kedua mereka semakin tak terbendung. Ubaya pun memimpin dengan skor 37-25. Dua kuarter sisa masih milik Ubaya, yaitu 59-40 pada kuarter ketiga, dan menutupnya dengan kemenangan telak 68-47.

Meski memimpin sejak awal pertandingan, asisten pelatih Ubaya Sapto Wahyu menyatakan bahwa pada kuarter pertama dan kedua anak asuhnya belum menemukan pola permainan seperti yang diharapkan. ''Mereka masih bermain individu, tapi pada kuarter ketiga mereka mulai menemukan polanya,'' kata dia setelah pertandingan.

Tim putri Ubaya juga mendominasi jalannya pertandingan. Pada kuarter pertama mereka leading jauh 11-3. Pada kuarter kedua, tak banyak perlawanan yang ditampilkan UK Petra. Mereka hanya sesekali mencuri poin lewat beberapa tembakan tiga angka dari Perwira Elita Putri. Akhirnya, kuarter kedua pun menjadi milik Ubaya dengan 21-12. Dua kuarter sisa menjadi milik Ubaya dan ditutup dengan skor telak 50-37.

Meski menang dan berhasil masuk final, Sapto Wahyu yang juga pelatih tim putri Ubaya menyatakan bahwa pihaknya belum puas dengan permainan tim putri. ''Terlebih masalah defense dan komunikasi mereka,'' paparnya. Munurut dia, performance mereka lebih baik saat latihan. ''Ritme dan pola main mereka juga kurang hari ini,'' jelasnya.

Dengan hasil itu, tim putri Ubaya akan menghadapi Universitas Brawijaya (UB) pada laga final di GOR Kertajaya, Surabaya, besok (21/4). UB lolos ke laga pemungkas setelah mematahkan asa Universitas Udayana (Unad), Denpasar, Bali, dengan skor telak 53-21. Di partai putra, Ubaya akan menghadapi Unair yang menang atas Universitas Sam Ratulangi Manado (Unsrat), Manado, Sulawesi Utara (Sulut), dengan skor 58-55.

Kapten Unsrat Sanny Novel Poluan kecewa dan sedih atas kekalahan timnya. ''Jauh-jauh dari Manado hanya sampai babak semifinal. Namun, tetap saja bangga. Pelajaran mahal buat kami untuk tahun berikutnya,'' ucap dia.

Sapto ingin anak asuhnya bisa mengawinkan gelar pada laga final nanti. ''Tapi, itu bukan target utama. Bermain maksimal saja,'' ujarnya. (ovi/c13/diq)

---

Hasil Kemarin

Putra

Ubaya v Unej 68-47

Unair v Unsrat 58-55

Putri

Ubaya v UK Petra 50-37

UB v Udayana 53-21

 

Sumber: Jawa Pos, 20 April 2012
 

Update: 20-04-2012 | Dibaca 7256 kali | Download versi pdf: Putra---Putri-Ubaya-Lolos-Final.pdf