Universitas Di Amerika Bangun Kerja Sama Antar Perguruan Tinggi Di Indonesia


  • 24-01-2012
  • Fadjar Efendy Rasjid

SURABAYA (suarakawan.com) – Rombongan 15 pebisnis Amerika yang mengunjungi Jawa Timur selama dua hari, ternyata menyempatkan waktu untuk bertemu dengan beberapa universitas di Indonesia. Ya, pertemuan yang berlangsung hari ini (19/01) di Universitas Surabaya menghadirkan lebih dari 10 Universitas di Indonesia.

Ini dilakukan guna membangun kemitraan di bidang ekonomi, bisnis dan pertanian antara Universitas di Amerika dan Universitas di Indonesia. Perwakilan Universitas di Amerika yang hadir siang ini adalah Profesor Jack Kirkland dari Washington University, Webster University, St. Louis, University Of Missouri in Columbia, University Of Missouri in St. Louis, dan Education USA in Surabaya.

"Setiap tahun nya sudah banyak orang Indonesia yang belajar di Amerika, namun kami berharap akan ada double bahkan triple lagi yang mau belajar di sana," jelas Emily Yasmin Norris, Public Affair Officer Konjen AS.

Moment ini tentu menjadi kesempatan istimewa bagi Universitas di Indonesia. Karena dapat bertemu secara langsung dengan pihak Universitas dari Amerika. Nantinya bukan tidak mungkin hasil dari pertemuan ini adalah perjanjian kerjasama antar Universitas di Amerika dan di Indonesia.

"Jalinan kerjasama ini bisa meliputi Agriculture, Public Health, Climate research, Aquaculture, Biodiversity dan Disaster risk," tambah Emily.

Pertemuan ini juga difasilitasi oleh United State Agency International Development (USAID). Dengan harapan bahwa pertemuan ini bisa membuka peluang kerjasama anatara Universitas di Amerika dan di Indonesia. (din/jto)

Dikutip dari: http://SuaraKawan.com

 

AS Jajaki Bisnis di Surabaya Lewat Kampus

SURABAYA I SURYA Online - Jalinan kerjasama ekonomi dan bisnis Amerika Serikat dengan Indonesia akan semakin akrab. Apalagi kini ikatan kerjasama itu akan dijalin melalui kampus. Sejumlah Universitas di AS Kamis (19/1/2012) siang nanti akan menjajaki kerjasama bisnis di Surabaya melalui kampus-kampus di Surabaya.

Upaya menjalin kerjasama bisnis ini difasilitasi oleh Konjen Amerika di Surabaya. Seluruh Rektor dan Pembantu Rektor se-Surabaya akan duduk bersama membicarakan kerjasama tersebut di Universitas Surabaya.

“Kami sudah mendapat kepastian bahwa perwakilan sejumlah universitas terkemuka di AS dipastikan hadir. Begitu juga rektor atau pembantu rektor universitas di Surabaya juga akan hadir,” kata Hayuning, Humas Universitas Surabaya (Ubaya).

Sebenarnya yang berisisiasi membangun jalinan kerjasama tersebut adalah Universitas di AS. Hal yang sama juga disadari universitas di Surabaya. Akhirnya akan sepakat hendak membangun kemitraan dibidang ekonomi, bisnis, dan pertanian.

Perwakilan Universitas di Amerika yang akan hadir adalah Prof Jack Kirkland dari Washington University. Juga beberapa guru besar dari Webster University, St Louis University Of Missouri in Columbia, University Of Missouri in St Louis. Juga perwakilan Education USA in Surabaya.

“Semua difasiltasi oleh Konsulat Jendral AS di Surabaya. Pertemuan akan digelar mulai pukul 14.00-15.30 WIB di International Village Kampus Tenggilis Ubaya. Pertemuan nanti untuk kemitraan kampus Surabaya-AS,” kata Hayuning.

Dikutip dari: http://surya.co.id

Update: 24-01-2012 | Dibaca 13771 kali | Download versi pdf: Universitas-Di-Amerika-Bangun-Kerja-Sama-Antar-Perguruan-Tinggi-Di-Indonesia.pdf