Politeknik Ubaya Ditunjuk Sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) Tekniksi Akuntansi Di Jatim Oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi


  • 25-10-2011
  • Fadjar Efendy Rasjid

Setelah melalui serangkaian seleksi dan proses ferivikasi yang sangat ketat dari Lembaga Sertifikasi Profesi Nasional,  Politeknik Ubaya, khususnya prodi Akuntansi ditetapkan sebagai satu-satunya TUK tenaga teknisi akuntansi di Jawa Timur.oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi (LSP TA).

Sertifikat kompetensi bidang teknisi akuntansi adalah suatu tanda penghargaan atas kompetensi seseorang di bidang teknisi akuntansi yang diperoleh melalui uji kompetensi di Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi. Menurut Ketua Program Studi Akuntasi Poltek Ubaya, Bapak Setiadi Alim, ada beberapa alasan mengapa harus memiliki Sertifikasi Teknisi Akuntansi:

  1. Meyakinkan industri/klien bahwa “saya kompeten di bidang akuntansi”.
  2. Membangun “Carier Path”.
  3. Nilai tambah bagi calon tenaga kerja dalam proses rekruitmen.
  4. Memenuhi tuntutan standard kualitas manajemen perusahaan (ISO, SNI) yang mengharuskan penggunaan personil kompeten yaitu personil yang memiliki sertifikat resmi.


Dengan adanya TUK ini, mahasiswa Program Studi Akuntansi Politeknik Ubaya mempunyai kesempatan untuk menguji tingkat penguasaan kompetensinya di bidang akuntansi. Hal ini diharapkan akan mampu memacu mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya di bidang akuntansi agar sesuai dengan standarisasi yang diakui secara nasional. Pada tahap selanjutnya ujian sertifikasi ini diharapkan akan mampu meningkatkan kompetensi dan daya saing lulusan Politeknik Ubaya. Para lulusan akan memiliki nilai tambah, karena akan memiliki dua sertifikat, yaitu ijazah dan sertifikat kompetensi (sesuai dengan pasal 61 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional).

Tempat Uji Kompetensi (TUK) Politeknik Ubaya selain menerima mahasiswa internal Politeknik Ubaya, juga menerima pihak eksternal: mahasiswa, siswa SMA/SMK atau masyarakat umum yang berkompeten di bidang akuntansi untuk mengikuti Ujian Sertifikasi Kompetensi Teknisi Akuntansi.