Politeknik Universitas Surabaya Sambut Maharu 2011 Di UTC


  • 15-09-2011
  • Fadjar Efendy Rasjid

Senin, 12 September 2011, lapangan basket Politeknik (Poltek) Ubaya tampak berbeda dari biasanya. Pada hari tersebut, adalah hari pertama Ajar Budi Asah Nurani (Adi Nurani) mahasiswa baru (maharu) Poltek Ubaya, tahun ajaran 2011-2012. Adi Nurani sendiri adalah sebutan baru untuk istilah yang popoler sebelumnya, Masa Orientasi Bersama (MOB). Adapun tema Adi Nurani kali ini adalah “Change to be Professional”.

Upacara pembukaan yang dihadiri panitia, dosen Poltek dan jajaran pimpinan, menunjukkan bahwa keluarga besar Poltek telah menyambut maharu dengan rasa kekeluargaan dan dalam suasana hangat. Rangkaian upacara dimulai dengan perkenalan dosen serta pimpinan Poltek oleh wakil direktur Poltek, Drs Barnad MT.
Setelah sesi tersebut, protokol mempesilahkan pembina upacara sekaligus Direktur Poltek, Ir Benny Lianto Effendy MMBAT menyampaikan sambutan. Beliau menjelaskan tentang Poltek Ubaya sebagai perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasional yang menghasilkan lulusan yang patut dipertimbangkan di dunia kerja.

Sejalan dengan visi Poltek  “To Be The Gateway To Professionalism”, hal ini sudah terlihat  dari penampilan maharu yang mengenakan kemeja putih, dasi hitam dan celana kain hitam. Maharu perempuan wajib mengecat rambut dengan warna hitam dan demikian pula maharu pria yang wajib memotong rapi rambutnya.

Usai upacara, mahasiwa pendamping (maping) dari setiap Program Studi (Prodi) langsung mengantarkan maharu ke aula. Di sini, maharu mendapat pengarahan tentang jalannya acara selama kurang lebih seminggu kedepan. Dalam kesempatan di aula ini, Benny Lianto kembali membuka jalannya acara. “Melanjutkan studi di Poltek sangat tepat karena dapat cepat kerja dan bekerja di perusahaan bonafit  dalam waktu singkat,” tutur Benny. Selanjutnya, MC mempersilahkan Barnad untuk menjelaskan siklus akademik Poltek, biaya studi dan pengenalan sarana prasarana.
Usai penjelasan tentang Poltek, panitia selaku tim disiplin memberikan informasi pemberangkatan ke Ubaya Training Center (UTC). Hal ini adalah sesuatu yang baru, karena baru kali ini Poltek melaksanakan Adi Nurani di kampus III Ubaya, selama tiga hari pada 13 September-15 September.

Setelah informasi keberangkatan ke UTC, acara diakhiri dengan pengenalan prodi oleh Kaprodi, Bimbingan Konseling oleh AA dan peluang kerja dan sharing dari alumni. “Selamat datang untuk maharu, semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat,” tutup Thomas ketika sharing alumni dari Prodi Akuntansi.
Usai rangkaian acara sehari, pada keesokan harinya, Selasa 13 September, maharu serta panitia melanjutkan rangkaian acara di UTC. Di sini mereka lebih banyak mendapatkan materi melalui outbound dan berbagai aktivitas outdoor lainnya. (az)

Update: 15-09-2011 | Dibaca 15310 kali | Download versi pdf: Politeknik-Universitas-Surabaya-Sambut-Maharu-2011-Di-UTC.pdf