41 Is # ONE, Cita-Cita Mahasiswa Apoteker Angkatan 41


  • 04-07-2011
  • Fadjar Efendy Rasjid

Pelatihan kepemimpinan bagi mahasiswa Apoteker merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh Program Profesi Apoteker yang bekerja sama dengan Career Assistance Center (CAC) Universitas Surabaya (Ubaya). Pelatihan Apoteker angkatan 41 diadakan tangal 30 Mei–1 Juni 2011 di Majapahit Agro Lestari (MAL), Pacet dengan tujuan untuk meningkatkan kepemimpinan dalam diri sendiri, pengenalan antar pribadi, koordinasi, kreativitas dan pengembangan karakter. Selain itu, Fransiskus Cahyo Kristianto, S.Si., Apt. selaku dosen pendamping dalam pelatihan ini mengatakan bahwa pelatihan yang bersifat wajib bagi semua mahasiswa Apoteker juga bertujuan agar antar mahasiswa saling mengenal dan memahami.

Tema yang diangkat adalah 41 is # ONE (outstanding dan Excellent). Tema tersebut menggambarkan cita-cita yang ingin dicapai. ONE berarti tidak menyombongkan diri tetapi ingin berusaha memberikan yang terbaik dan mencapai apa yang diharapkan dengan cara yang excellent dan tentunya Apoteker angkatan 41 menjadi lulusan yang berbeda dari tahun sebelumnya.

Materi pengenalan diri, pengembangan kepribadian dan etika yang diberikan oleh Budi Goutama, M.T. selaku trainer memberikan pandangan dan wawasan yang harus dimiliki dan terus diasah agar nantinya siap untuk memasuki dunia praktek. Proses pembelajaran juga diberikan melalui aktivitas outbound antara lain blind horse, spiderweb, tangram, water juice, moonwalk, rescue games, dan pipa setengah. Melalui mengikuti aktivitas tersebut diharapkan mahasiswa mampu memimpin diri sendiri, saling mengenal satu dengan yang lain, berpikir kreatif, melakukan koordinasi dengan kelompoknya dan mengembangkan diri untuk menjadi seseorang yang lebih baik.

Indah (2007) sebagai salah satu peserta pelatihan mengatakan, “Pelatihan yang diadakan CAC pasti ada manfaatnya. Di pelatihan ini aku merasakan banyak pengalaman karena bisa bertemu dengan orang-orang baru. Pada awalnya aku banyak yang tidak kenal berhubung teman-teman dari angkatan 2007 belum mengambil Apoteker sehingga aku merasa sungkan di pelatihan ini. Pelatihan ini sangat baik untuk 1 angkatan karena di pelatihan ini bisa menambah kekompakkan dan tambah seru. Sayangnya setelah pelatihan kita langsung PKP Apoteker sehingga jarang bertemu lagi. Tapi over all tambah kompak. Masuk bersama lulusnya juga harus bersama”.

Inilah pengalaman 3 hari 2 malam pelatihan Apoteker 41 bersama CAC Ubaya, semoga apa yang sudah dipelari dapat berguna di masa yang akan mendatang.

Update: 04-07-2011 | Dibaca 9681 kali | Download versi pdf: 41-Is---ONE--Cita-Cita-Mahasiswa-Apoteker-Angkatan-41.pdf