Dekan FBE Universitas Surabaya Bedah Buku Di Acara Welcome BCA Metro TV


  • 17-01-2011
  • Fadjar Efendy Rasjid

Sebuah prestasi Nasional diukir oleh Dekan Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) Ubaya yaitu Drs ec Sujoko Efferin MCom (Hons) MA PhD. Sujoko diundang tampil dalam acara Welcome to BCA di Metro TV. Acara ini dibawakan oleh Ferdy Hasan yang disiarkan pada hari Kamis, 30 Desember 2010. Sujoko Efferin membahas topik yang berkaitan dengan buku "Seni Perang Sun Zi dan Sistem Pengendalian Manajemen" yang juga berpartner bersama dengan dosen FBE  Ubaya yaitu Bonnie Soeherman MAk.

Memenangkan hati dan pikiran itu berarti kita sudah mencapai tingkatan pengendalian tertinggi di mana seseorang akan melakukan sesuatu yang kita inginkan sebagai atasan tanpa dia menyadari bahwa dia sedang dikendalikan. Ini esensi yang paling mendalam dari pengendalian Sun Zi dalam hal membangun moralitas organisasi,” terang Sujoko mengenai filosofis Sun Zi dalam acara talkshow.

Dalam talkshow tersebut, Ferdy Hasan juga menanyakan bagaimana definisi manajemen yang sempurna menurut Sun Zi dan sudut pandang Sujoko. ”Manajemen adalah seni mengelola dan mengatasi keterbatasan. Tidak ada satu organisasi pun yang sempurna baik secara keuangan, sumber daya manusia dan teknologi. Karena kesempurnaan itu adalah relatif. Poin yang terpenting adalah kita dapat menyadari kelemahan dan keterbatasan kita, dan kita mengetahui kelemahan dan keterbatasan kompetitor kita, maka seperti apa yang dikatakan Sun Zi adalah Seratus Pertempuran Seratus Kemenangan,” jawab Sujoko.

Ketika ditanya perasaannya ketika tampil dalam talkshow di Metro TV, Sujoko menjawab bahwa saya tidak merasa tegang. ”Saya enjoy-enjoy saja, karena topik yang akan dibicarakan sudah ditentukan sejak awal oleh sutradara. Hal ini bertujuan supaya pengambilan gambar tidak diambil berulang-ulang,” tuturnya.

Dalam hal persiapan, Sujoko mengatakan tidak ada persiapan khusus. ”Saya tidak mempersiapkan khusus apa pun sebelum talkshow. Karena saya sendiri yang menulis buku,” ujarnya sambil tertawa. ”Tanya jawab mengalir begitu saja, saya dan pemandu acara saling enjoy dalam acara talkshow,” ucap Sujoko yang bukunya sudah diterbitkan sejak September 2010.

Dengan tampilnya Sujoko di Metro TV, ternyata menerima respon dari alumni atau teman dari seluruh Indonesia dan secara langsung bisa menjadi media perekat bagi anggota Ubaya. Sujoko juga mengatakan, ”FBE Ubaya memang layak mendapat pengakuan di taraf Nasional”, sahutnya. ”Dengan adanya acara talkshow ini diharapkan dapat menginspirasi pelaku bisnis untuk mengembangkan strategi bisnis di masa yang akan datang,” pesannya. (law)

 

Link tayangan pembahasan buku "Seni Perang Sun Zi dan Sistem Pengendalian Manajemen" oleh Dekan FBE, Drs ec Sujoko Efferin MCom (Hons) MA PhD di acara Welcome BCA : http://www.metrotvnews.com/metromain/newsprograms/2010/12/30/7834/50/Seni-Perang-Sun-Zi-dan-Sistem-Pengendalian-Manajemen

Update: 17-01-2011 | Dibaca 9450 kali | Download versi pdf: Dekan-FBE-Universitas-Surabaya-Bedah-Buku-Di-Acara-Welcome-BCA-Metro-TV.pdf