Mahasiswi Fakultas Farmasi Universitas Surabaya Raih Juara II Dalam OFI Ke-1 Di UNAND, Padang


  • 27-08-2009
  • Fadjar Efendy Rasjid
Fakultas Farmasi (FF) Ubaya kembali menunjukkan kelasnya di ajang Olimpiade Farmasi Indonesia (OFI) ke-1. Perhelatan akbar mahasiswa Farmasi se-Indonesia ini, diselenggarakan pada 14-15 Agustus 2009 di Universitas Andalas, Padang. Diwakili oleh Gusti Ayu Dewi S Farm, ketika itu Ubaya berhasil menggondol gelar Juara II. Ubaya tak sendiri dalam perlombaan ini. Adapun universitas yang turut mengikuti OFI antara lain, UINS, STIFI, UMS, UHamKa, USD, STIFAR dan UNAND.

Pada OFI (Olimpiade Farmasi Indonesia) kali ini, ada 2 bidang yang diperlombakan yaitu bidang Farmasetika dan bidang Farmakologi/Farmasi Klinis. Alhasil, pada kesempatan itu, gadis yang kerap disapa Ayu tersebut, condong memilih bidang Farmakologi/Farmasi Klinis. Terbagi dalam dua babak, pada penyisihan Ayu berhasil menyisihkan 23 dari 28 kontestan. Berhasil masuk babak final, Ayu dihadapkan dengan beberapa soal pilihan ganda serta soal studi kasus. Belum lagi, ia harus berkompetisi dengan empat peserta lainnya. “Kita (Ubaya,red) unggul pada saat soal studi kasus. Karena materi yang diberikan sama persis yang diberikan waktu kuliah,” ungkapnya.

Berbicara mengenai awal terpilihnya mewakili Ubaya dalam ajang ini, cewek pemilik motto be your self and don’t give up ini mengungkapkan, dibukanya pendaftaran bagi mahasiswa yang berminat ikut lomba ini. ”Lalu diseleksi dan terpilihlah dua mahasiswa dari sembilan mahasiswa yang ikut seleksi,” terang Ayu dengan rambut pendeknya.

Selama di Padang, Ayu pun menyempatkan diri jalan-jalan ke pantai Padang. ”Senang sekali ketika itu, semua peserta dijamu hangat oleh panitia. Terlebih, bisa bertemu mahasiswa .dari universitas lain,pastinya tahu perkembangan dunia Farmasi dewasa ini,” kenang cewek kelahiran Mataram, 19 Februari 1987 ini. Rasa bangga pun terukir, mengingat ia mampu menyumbangkan gelar juara sebelum menyelesaikan profesi Apoteker-nya di Ubaya.

Kedepan, ia berharap keberhasilannya ini menjadi motivasi untuk mahasiswa Farmasi angkatan selanjutnya. ” Harapanku, nanti mereka mau mengikuti lomba-lomba tingkat nasional, seperti OFI. Agar piala bergilir OFI suatu saat dapat diraih Ubaya,” pesan gadis yang bercita-cita menjadi Menteri Kesehatan ini. (yin)