Jamin Daya Saing Bangsa Lewat IPTEKS


  • 05-05-2009
  • Fadjar Efendy Rasjid
Dunia pendidikan Indonesia patut meneladani perjuangan Ki Hadjar Dewantara sebagai pelopor pendidikan nasional dengan terus mengembangkan tuntutan kebutuhan masyarakat dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, serta seni (IPTEKS). Hal tersebut dikatakan oleh Rektor Ubaya, Prof Drs ec Wibisono Hardjopranoto MS menyampaikan sambutan Menteri Pendidikan Nasional Prof Dr Bambang Sudibyo dalam menyambut peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Sabtu 2 Mei 2009, di halaman depan Gedung Perpustakaan Lt 5 Kampus Tenggilis.
 
Pidato bertema "Pendidikan Sains, Teknologi, dan Seni Menjamin Pembangunan Berkelanjutan dan Meningkatkan Daya Saing Bangsa" tersebut disampaikan selama satu jam di hadapan ribuan peserta upacara terdiri dari karyawan, dosen dan juga mahasiswa ini.
Selain memberikan pidato, Prof Wibi dengan didampingi WR I Prof Ir Lieke Riadi PhD dan Kepala Biro Adpelkam, Hari Hananto,  juga memberikan beasiswa kepada  414 mahasiswa. Antara lain adalah beasiswa aktivis, beasiswa prestasi, beasiswa simpati. Selain itu, juga ada beasiswa eksternal Ubaya yang berasal dari PT Kuda Laut Mas dan Salim Group.
   
"Kita berada dalam kehidupan yang terus berubah dengan cepat, kemajuan ipteks terutama perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan persaingan antarbangsa begitu ketat dalam era globalisasi saat ini," kata Wibi. "Untuk menghadapi hal itu, tidak ada jalan lain harus kita lakukan kecuali meningkatkan kemampuan, kemandirian, dan daya saing bangsa Indonesia melalui pendidikan untuk semua yang bermutu," tambahnya.
   
Pada kesempatan itu, Wibisono mengumumkan kabar gembira dari PolyU Innovation and Entrepreneurship Student Challenge, The Hongkong Polytechnic University.  Dalam kompetisi perencanaan bisnis tingkat global tersebut, Ubaya berhasil menjadi salah satu finalis dari 30 tim dari belahan dunia yang berpartisipasi.(rin)
Update: 05-05-2009 | Dibaca 13421 kali | Download versi pdf: Jamin-Daya-Saing-Bangsa-Lewat-IPTEKS.pdf