Mari Tingkatkan Kemampuan Public Speaking


  • 14-12-2020
  • Hayuning Purnama Dewi

21 November 2020 Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Psikologi Universitas Surabaya (Ubaya) mengadakan webinar bertajuk “The Power of Talk: Speak Clearly and Confidently”. Webinar ini dilaksanakan guna belajar dan meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum. Berlangsung menggunakan zoom, sedikitnya 86 peserta hadir pada acara hari itu. DPM mengundang dua narasumber yang akan membawakan materi, yakni Honey Wahyuni Elgeka, S.Psi., M.Ed selaku Dosen Psikologi Ubaya dan Nova Retalista selaku Srikandi Indonesia 2019.

Diskusi dibuka oleh Honey dengan membawakan materi “Be A Good Public Speaker”. Menurutnya, public speaking merupakan hal yang penting untuk dipelajari. “Bagaimana caranya bisa sukses kalau kita belum mampu untuk menyampaikan segala ide dan pemikiran dengan baik pada orang lain,” ujarnya. Honey memberikan beberapa dasar yang perlu dipahami saat melakukan public speaking, yakni: paham dengan jangkauan, topik, tujuan, tahapan, serta melakukan simulasi. “Pengelolaan suara dan nada, penggunaan bahasa dan kata-kata, penampilan, serta persiapan mental juga perlu diperhatikan lagi,” tambahnya.

Nova melanjutkan diskusi dengan membawa materi terkait “Dare to Speak in Public”. Menurutnya, ada tiga hal penting dalam komunikasi mulai dari pembicara, inti pembicaraan, dan emosi. “Minta maaf karena apapun yang dilakukan itu tidak akan memperbaiki kesalahan yang sudah keluar dari mulut kita,” ujarnya. Selain itu, Nova menambahkan untuk menyiapkan cue card, mengenali panggung, perbaiki penampilan dalam persiapan public speaking.

Pembahasan materi menarik banyak pertanyaan dari para peserta, salah satunya Lala. “Intonasi nada seperti apa yang membuat para audience dapat tertarik?” tanyanya. Honey menjawab bahwa intonasi tidak memiliki standar yang pasti. “Intonasi yang digunakan bergantung pada siapa audience kita” jawabnya. (re1, et)

Update: 14-12-2020 | Dibaca 236 kali | Download versi pdf: Mari-Tingkatkan-Kemampuan-Public-Speaking.pdf