Manfaatkan Sampah Jadi Berkah


  • 27-10-2020
  • Hayuning Purnama Dewi

Tim Universitas Surabaya menerima hibah dari Kemenristek BRIN melalui PPDM (Program Pengembangan Desa Mitra) di Desa Duyung, Trawas Mojokerto, Jawa Timur. Program multi tahun ini baru dimulai 2020 hingga 2022 mendatang. Optimalisasi Desa Duyung sebagai desa wisata berbasis lingkungan menjadi prioritas program hibah kali ini.

Pelakana program hibah PPDM Desa Duyung diketua oleh Tuani Lidiawati Simangunsong, S.T.,M.T dosen Program Studi Teknik Kimia. Beranggotakan Dr. Erna Andajani, S.T., M.M., CRM. dosen Program Studi Manajemen, Arum Soesanti, S.T., M.T. dosen Program Studi Teknik Mesin dan Manufaktur, Wafia Silvi Dhesinta Rini, S.H., M.H. dosen Program Studi Hukum Universitas Surabaya. Dalam tahun pertama banyak kegiatan yang dilakukan salah satunya pelatihan kepada ibu PKK Desa Duyung. Pelatihan serta edukasi daur ulang sampah anorganik dengan memanfaatkan mitra yaitu bank sampah.

Pelatihan mendaur ulang  sampah dan mengelola bank sampah di Desa Duyung menjadi fokus pendanaan hibah tahun I. Mulai dari proses pemilihan limbah, penyiapkan bahan untuk kerajinan hingga menjadikan bahan-bahan tersebut menjadi barang layak pakai seperti bunga untuk hiasan rumah dan tas wanita.

Ibu-ibu Desa Duyung sebagai peserta pelatihan tampak antusias. Selain mendapatkan keterampilan tambahan mengolah sampah menjadi tas, mereka juga mendapat kesempatan berbagi cerita kepada warga desa lain di luar Trawas Mojokerto. Edukasi dan Pelatihan Daur Ulang Sampah Anorganik dilaksanakan dalam 3 waktu pada tanggal 17, 24, dan 30 Oktober 2020 di Surabaya. Kegiatan sharing kepada warga di Surabaya digawangi oleh Pusham Ubaya melalui dana hibah Bansos dari Dinas Perikanan dan Kelautan. Ibu – ibu dari Bank Sampah Desa Duyung Trawas, Mojokerto menjadi narasumber pada kegiatan tersebut.

“Saya mendapat pengalaman yang berharga dengan adanya pendampingan dari Ubaya. Selaian ibu-ibu warga saya mendapat keterampilan lebih, juga pengalaman berbagi dengan warga lain,” ungkap Ibu Parmi sebagai wakil dari Desa Duyung, Trawas.  Ketrampilan yang dimiliki juga di bagikan kepada komunitas lain yang ada di Surabaya. . Selamat dan sukses buat PPDM dan kelompok bank sampah desa Duyung Trawas.

Update: 27-10-2020 | Dibaca 447 kali | Download versi pdf: Manfaatkan-Sampah-Jadi-Berkah.pdf