Menjadi Data Analytic Handal Di Era Big Data


  • 01-08-2020
  • Hayuning Purnama Dewi

Fakultas Bisnis dan Ekonomika Jurusan Akuntansi mengadakan webinar berjudul ‘Data Analytics Using Tableau: Finance and Accounting Cases’. Webinar ini diadakan pada Jumat, 17 Juli 2020 pukul 09.00-10.30 WIB melalui Zoom dan Fanpage Facebook Jurusan Akuntansi Ubaya. Felizia Arni Rudiawarni, S.E., M.Ak., CFP selaku Dosen Jurusan Akuntansi Ubaya dan Konsultan Bisnis dan Keuangan hadir sebagai narasumber webinar kali ini. Dr. Putu Anom Mahadwartha S.E., M.M., CSA. selaku Dekan Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya turut hadir dalam webinar ini.

"Kedepannya data analytic adalah bagian dari proses akuntansi dalam mengembangkan keilmuan dan paham menganalisis keuangan, terutama dalam Era Big Data proses tersebut sangatlah penting,” ujar Putu dalam pembukaan webinar. Pertama-tama Feli menjelaskan mengenai bagaimana di Era Big Data ini terdapat tantangan baru. Tantangan mengolah, menganalisis, dan memperoleh data atau insight menyebabkan adanya peningkatan lapangan pekerjaan terkait ketiga aktivitas tersebut.

Ada tiga peran yang menjadi kunci di Era Big Data ini. Ketiga peran tersebut adalah Deep Analytical  Talent, Data Savvy Professionals, dan Technology and Data Enablers. Selain itu Feli juga menjelaskan mengenai pentingnya kemampuan story telling dalam menyajikan data. “Jika kita hanya memberi visualisasi saja tanpa menjelaskannya maka data akan menjadi kurang menarik,” ujar Feli.

Sebuah pertanyaan mengenai manfaat dari penerapan Tableau dalam dunia kerja diajukan oleh Andi dari PT Gratia. “Dengan adanya bantuan berbagai tools sangat membantu kita untuk lebih proaktif dalam memperoleh insight data karena visualisasinya jauh lebih mudah untuk dilakukan,” jelas Feli. (han)

Update: 01-08-2020 | Dibaca 56 kali | Download versi pdf: Menjadi-Data-Analytic-Handal-Di-Era-Big-Data.pdf