Ilmu Sains Dalam Menghadapi Covid-19


  • 22-06-2020
  • Hayuning Purnama Dewi

Melalui webinar “Get to know about COVID-19: Peran Bioteknologi dalam Menghadapi Pandemi,” peserta akan dapat mengupas ilmu dalam bioteknologi. Webinar ini diadakan pada hari Rabu tanggal 10 Juni 2020 dengan tujuan memberikan informasi yang bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang pengembangan ilmu Covid-19.

Webinar ini dikupas dan dijabarkan oleh Tjie Kok, S.Si., M.Si., Apt., Ph.D. selaku dosen dan ketua program Magister Fakultas Teknobiologi Universitas Surabaya. “Pengujian untuk virus diperlukan tinjauan lebih dalam untuk mempelajari berbagai aspek dan spekulasi. Virus perlu diuji keamanan, spesifikasi dan keefektifannya oleh karena itu sangat membutuhkan waktu yang lama dan teknologi yang memadai,” ungkap Tjie Kok.

Tjie Kok juga menjelaskan proses masuknya virus kedalam tubuh manusia yang mana akan menyerang kekebalan tubuh manusia. Jika identitas virus telah ditemukan, maka vaksin akan mudah ditemukan. Proses dalam menemukan vaksin inilah akan memerlukan pengujian seperti pengujian genetik. Susunan genetik seperti ras akan menentukkan respon tubuh terhadap vaksin. Ketika salah satu penyakit menyerang tubuh manusia, maka perlu diketahui bahwa tubuh punya sistem pertahanan tersendiri. Tubuh akan beradaptasi dan membentuk antibody namun proses membentuk antibody membutuhkan waktu yang tidak dapat diperkirakan.

“Materi yang disajikan menarik dan informatif sekali. Harapannya lebih banyak webinar-webinar seperti ini lagi untuk kedepannya dan diselenggarakan dengan topik lain di luar Covid-19.” tutur Nazila Banie Assyifa sebagai salah satu peserta webinar. Perlunya kesadaran masyarakat bahwa vaksin sedang dalam pengujian, sehingga masyarakat tetap melakukan social distancing guna menghindari resiko yang merugikan. Menjaga sistem imun dengan mengonsumsi makanan bergizi, mengonsumsi vitamin dan beristirahat yang cukup akan membantu dan menjaga tubuh dalam kondisi tetap sehat dan bugar. (bf)

Update: 22-06-2020 | Dibaca 435 kali | Download versi pdf: Ilmu-Sains-Dalam-Menghadapi-Covid-19.pdf