Tips Kurangi Cemas Dan Stres Saat Karantina Mandiri Selama Pandemi Corona


  • 05-05-2020
  • Hayuning Purnama Dewi
SURABAYA- Liburan selalu identik sebagai sarana penghilang stres.
 
Namun di tengah pandemi corona atau covid-19, rencana liburan pun harus tertunda.
 
Masyarakat diminta beraktivitas di rumah dan physical distancing atau jaga jarak selama masa pandemi.
 
Dosen dan Psikolog Fakultas Psikologi Universitas Surabaya (Ubaya), Taufik Akbar Rizqi Yunanto, SPsi, MPsi membagikan tips khusus bagi kalian yang berada di rumah dalam waktu yang cukup lama sehingga tidak membosankan.
 
Pertama, bersyukur masih bisa di rumah dan berinteraksi dengan keluarga meskipun di tengah pandemi.
 
Rasa syukur membuat seseorang lebih mampu mengelola stres dengan baik.
 
Orang yang bersyukur bisa menerima dirinya sendiri dengan segala kekurangan yang ada.
 
Misalnya, memiliki pekerjaan yang masih bisa dilakukan di rumah dan menghargai orang lain yang harus bekerja di luar rumah.
 
"Kita harus melihat dari segala hal. Kita mensyukuri apa yang didapatkan hari ini. Menjadi lebih positif menjalani hari ini," kata Taufik Akbar Rizqi Yunanto kepada suryamalang.com, Senin (20/4/2020).
 
Kedua, membuat jadwal jelas untuk aktivitas harian, baik menyangkut pekerja, kegiatan domestik, waktu istirahat, maupun waktu senggang untuk menyegarkan pikiran.
 
"Kalau tidak mindful, kondisinya kita kerja tapi ingin rebahan padahal waktunya bekerja. Itu kalau tidak membuat to do list," jelas Taufik.
 
Ketiga, masih berkaitan dengan privasi, adalah meditasi, memasak menu baru, olahraga, dan mencari cara kreatif untuk tetap produktif.
 
"Biasanya meditasi dilakukan pagi hari. Mensyukuri dan siap menjalani hari-hari dengan senyuman dan bahagia. Sehingga menjalani aktivitas di rumah saja dengan positif," terang Taufik.
 
Sumber: suryamalang.com
Update: 05-05-2020 | Dibaca 302 kali | Download versi pdf: Tips-Kurangi-Cemas-Dan-Stres-Saat-Karantina-Mandiri-Selama-Pandemi-Corona.pdf