Aktif Berkontribusi Bantu Tenaga Medis


  • 04-05-2020
  • Hayuning Purnama Dewi
Universitas Surabaya (Ubaya) berkomitmen untuk aktif berkontribusi pada Indonesia, terlebih lagi pada masa Pandemi Covid-19 ini. Tim gabungan Ubaya dari berbagai elemen seperti karyawan dosen, karyawan non dosen, serta perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Surabaya (BEMUS) melakukan berbagai kegiatan untuk membantu masyarakat  dan tenaga kesehatan melewati masa-masa Pandemi Covid-19. Pada kesempatan kali ini, tepatnya hari Rabu, 29 April 2020, tim gabungan Ubaya melakukan pemberian sumbangan berupa Alat Pelindung Diri (APD) kepada RSUD Ibnu Sina Gresik.
 
RSUD Ibnu Sina Gresik merupakan rumah sakit kerjasama dari Fakultas Kedokteran Ubaya. Sehingga Ubaya turut melakukan aksi nyata dalam membantu tim medis yang menangani patien covid – 19 yang dirawat di RSUD Ibnu Sina Gresik. Bantuan berupa seperangkat APD diserahkan langsung oleh Rektor Ubaya Ir. Benny Lianto siang itu. 
 
“Ini salah satu bukti nyata bahwa Ubaya juga peduli terhadap masalah kesehatan, utamanya yang sedang dihadapi oleh bangsa Indonesia,” tutur dr. Risma Ikawaty, Ph.D., selaku Wakil Dekan I Fakultas Kedokteran Ubaya. Ia menuturkan bahwa bantuan APD ini diberikan karena adanya kebutuhan APD yang besar untuk tenaga medis. Utamanya melihat perkembangan kasus Covid-19 yang cukup besar di Indonesia.
 
Keterbatasan APD memang menjadi tantangan yang besar untuk tenaga medis, sebab hal ini berbanding terbalik dengan perkembangan kasus yang cukup besar. “Kelangkaan APD juga menjadi tantangan. Karena itu APD ini diberikan supaya rekan-rekan tenaga medis yang berjuang di RS dapat melindungi dirinya dengan baik,” tukasnya lagi. Ubaya pun berperan aktif untuk membantu memecahkan tantangan tersebut. 
 
APD yang diberikan adalah 18 box masker, 6 box sarung tangan lateks, 140 pcs hazmat suit, 1 jirigen alkohol 70% (±20 liter). Keseluruhan APD ini diserahkan oleh Ir Benny Lianto, MMBAT, selaku Rektor Ubaya, dan diterima langsung oleh Direktur RS Ibnu Sina, yakni dr Endang Puspitowati Sp.THT-KL. (sml)
Update: 04-05-2020 | Dibaca 475 kali | Download versi pdf: Aktif-Berkontribusi-Bantu-Tenaga-Medis.pdf