Fintech Asal Surabaya Ini Sebut UMKM Dan Konsumsi Bakal Topang Ekonomi RI


  • 01-04-2020
  • Hayuning Purnama Dewi
Surabaya - PT Komunal Financial Indonesia, Fintech Peer to Peer (P2P) Lending, asal Surabaya, Jawa Timur (Jatim) ini tidak terpengaruh dengan kondisi ekonomi global yang lesu akibat penyebaran virus Corona (Covid-19). Bahkan tiap minggu, Komunal mencatat ada peningkatan jumlah peminjam maupun pemberi dana.
 
Senior Business Development Komunal, Krisnantyo Bagus menuturkan, fintech asal Surabaya yang menjembatani investor dengan peminjam dana ini tidak mengalami gangguan atau penurunan penyaluran modal akibat penyebaran Covid-19. Selain itu, Covid-19 mulai masuk ke Indonesia, yang menyebabkan sempat panic buying.
 
Ditambah dengan ada imbauan serta sosialisasi pemerintah daerah Jawa Timur maupun Pemkot Surabaya mengenai Covid-19, mampu menenangkan hati para pemberi dana untuk terus menempatkan dana ke UMKM Jatim melalui fintech yang terdaftar dan diawasi OJK seperti Komunal.
 
"Seperti yang telah disampaikan tadi, kami telah mengevaluasi bahwa baik dari sisi pihak yang memberi dana maupun pihak peminjam dana, tidak ada perubahan jumlah yang signifikan," tutur Yonathan, Senior Business Development Komunal dikantornya yang berlokasi di Jalan Greges, Surabaya, ditulis Rabu, 11 Maret 2020.
 
Dia menuturkan, Indonesia bakal bertahan karena ekonomi domestik dan UMKM yang kuat, sehingga tidak terlalu terpengaruh ekonomi global akibat Covid-19 dibanding negara-negara lainnya seperti Singapura, Hong Kong, dan lainnya.
 
"Dengan mendanai bersama Komunal, masyarakat dapat memperkokoh ekonomi UMKM dalam negeri. Selain itu, kami juga berharap perilaku konsumtif berlebih seperti panic buying tidak dilakukan, karena peningkatan inklusi keuangan yang ingin dicapai bakal tak tercapai," kata dia.
 
Disamping memberikan imbauan kepada peminjam dana maupun pemberi dana, virus Covid-19 atau Corona tidak mempengaruhi pendanaan modal online, Komunal terus memberikan edukasi kepada kalangan milenial, seperti menggelar seminar investasi digital di Universitas Surabaya (Ubaya), Universitas Widya Mandala (UWM) Surabaya dan berpartisipasi pada acara FinEAST yang diselenggarakan oleh Asosiasi Fintech Pendanaan Indonesia (AFPI) di Kupang, NTT pada Februari 2020.
 
Sosialisasi tersebut merupakan salah satu bentuk kegiatan yang didukung oleh OJK untuk agar dapat memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai fintech guna mendukung pertumbuhan ekonomi dan literasi keuangan di Indonesia. Sepanjang 2019, Komunal telah berhasil melakukan sosialisasi fintech ke lebih dari 12 kota di Indonesia, termasuk di pulau Jawa dan luar Jawa.
 
Sumber: Liputan6.com
Update: 01-04-2020 | Dibaca 634 kali | Download versi pdf: Fintech-Asal-Surabaya-Ini-Sebut-UMKM-Dan-Konsumsi-Bakal-Topang-Ekonomi-RI.pdf