Ajak Siswa SMA Pahami Aplikasi Keilmuan


  • 23-03-2020
  • Hayuning Purnama Dewi
Sejumlah siswa-siswi meramaikan halaman gedung Perpustakaan hari itu. Ternyata, mereka menuju Fakultas Teknobiologi Universitas Surabaya (Ubaya) untuk melakukan studi ekskursi. Mereka adalah pelajar dari SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya pada 9 Maret 2020 silam. Sedikitnya 50 siswa yang terdiri dari perwakilan kelas IPA melakukan studi ekskursi di Lab Bioteknologi Pangan, Gedung FG lantai 6, Ubaya Tenggilis. Siswa-siswi studi ekskursi yang mengambil peminatan Biologi ini mendapatkan materi dari Ida Bagus Made Artadana, S.Si., M.Sc., selaku Dosen Fakultas Teknobiologi Ubaya mengenai Kultur Jaringan. 
 
Dalam kesempatan kali ini, Arta menjelaskan pengalaman yang pernah ia lalui dalam proses kultur jaringan. “Waktu pertama kali belajar, hampir setiap kali saya mencoba gagal,” tukas Arta. Ia pun menyemangati siswa-siswi yang hadir bahwa proses pembelajaran itu butuh waktu dan pengalaman, tidak bisa langsung sukses. Arta menjelaskan tentang proses kultur jaringan, dengan media dan jenis tanaman yang berbeda, serta tantangan masing-masing metode. Siswa siswi mendengarkan dengan seksama.
 
“Ini memang program yang bertujuan untuk memberi pandangan kepada siswa-siswi, bahwa ilmu yang mereka pelajari dari dasar itu ada aplikasinya,” tukas Petrus Eko Sugiharto, S.Si., M.Kes., selaku Guru Biologi. Seluruh siswa St.Louis diajak untuk melihat aplikasi dari berbagai hal yang berbeda. “Kagum dengan aplikasinya di lapangan, belajar banyak disini dan bisa lebih memperdalam,” tukas William Haliem, siswa kelas XI IPA-5. (sml)
Update: 23-03-2020 | Dibaca 399 kali | Download versi pdf: Ajak-Siswa-SMA-Pahami-Aplikasi-Keilmuan.pdf