Kopertis Wilayah VII Umumkan PTS Unggulan


  • 03-03-2009
  • Fadjar Efendy Rasjid
Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VII Jawa Timur kembali mengumumkan perguruan tinggi swasta (PTS) unggulan untuk 2008. Jika pada 2007 ada 10 kampus untuk masing-masing kategori, kali ini hanya lima kampus.

Berdasar hasil penilaian tim Kopertis Wilayah VII Jatim, Kopertis merilis lima PTS unggulan kategori universitas dan kategori institut, sekolah tinggi, akademi, dan politeknik. Kategori universitas adalah UMM, Universitas Surabaya (Ubaya), UK Petra, Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPN) Jatim, dan Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Ketua Kopertis Wilayah VII Jatim Prof Dr Sugijanto MS Apt menyatakan, pihaknya sengaja memberikan penghargaan hanya kepada lima PTS. ''Hal itu ditujukan untuk lebih memotivasi PTS agar semakin baik dalam mengelola PTS-nya. Dengan persaingan, mereka akan lebih termotivasi,'' ujarnya.

Dia menjelaskan, penilaian penghargaan itu, antara lain, didasarkan pada bidang tata kelola, penelitian dan pengabdian masyarakat, serta bidang kemahasiswaan. Penilaian tata kelola, misalnya, meliputi kesehatan organisasi di kampus tersebut. Juga, apakah terdapat penghargaan dari luar negeri. ''Entah itu untuk dosen atau jurusannya. Selain itu, perolehan hibah kompetisi dan banyaknya dosen yang kuliah di luar negeri menjadi penilaian,'' ujar Sugijanto.


Pada 2007, sepuluh besar universitas unggulan diraih Universitas Islam Malang, UK Widya Mandala Surabaya, UK Petra, Universitas Muhammadiyah Gresik, Universitas Muhammadiyah Jember, Universitas Muhammadiyah Malang, UPN Jatim, Ubaya, Universitas Widya Gama Malang, dan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya.

Sepuluh besar akademi, institut, dan sekolah tinggi diraih Akademi Pariwisata Muhammadiyah Jember, IKIP PGRI Madiun, ITATS, ITN Malang, STIESIA Surabaya, STIE Malang Kucecwara Malang, STIE Mandala Jember, STIE Perbanas Surabaya, STKIP PGRI Jombang, dan Stikomp Surabaya. (alb/hud)

dikutip dari Jawapos, 3 Maret 2009
Update: 03-03-2009 | Dibaca 20911 kali | Download versi pdf: Kopertis-Wilayah-VII-Umumkan-PTS-Unggulan.pdf