Dukungan Magister Teknik Industri Ubaya Terhadap SDM Di Bidang Supply Chain


  • 23-12-2019
  • Hayuning Purnama Dewi
Sebanyak 120 peserta dari berbagai kalangan turut hadir pada sebuah seminar yang diadakan oleh Magister Teknik Industri Universitas Surabaya (Ubaya) pada Jumat, 6 Desember 2019 lalu. Dengan tajuk “Supply Chain Engineering in Chemical and Pharmaceutical”, seminar yang diadakan di Gedung TB 01.01, Kampus II Ubaya. Prof. Ir. Joniarto Parung, Ph.D., adalah seorang guru besar dalam bidang supply chain yang diundang sebagai pembicara tunggal pada kesempatan tersebut.
 
Acara pun dihadiri oleh Dr. Dra. Amelia, M.T., selaku Ketua Program Studi (Prodi) Magister Teknik Industri, Indri Hapsari, S.T., M.T., selaku Ketua Jurusan Teknik Industri. Tidak hanya untuk membagikan ilmu, seminar kali ini juga bertujuan untuk mengenalkan Magister Teknik Industri Ubaya yang telah berdiri sejak tahun 2016 silam.
 
“Supply chain tidak bisa lepas dari bagian kehidupan kita sehingga negara membutuhkan banyak ahli dan pakar yang bergerak dibidang tersebut,” tungkas Amelia dalam sambutannya. Memilih supplier bahan baku suatu produk, memproduksinya hingga mendistribusikan produk tersebut agar sampai di tangan end user merupakan proses yang harus dilewati dan bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan.
 
“Setiap jenis produk tentu saja membutuhkan penanganan dan transportasi untuk pengiriman yang berbeda,” jelas Prof. Joniarto. Terlebih lagi dalam bidang kimia dan farmasi, alur supply chain tentu lebih rumit karena membutuhkan penanganan yang lebih diperhatikan serta banyaknya tantangan yang harus dihadapi. Dimoderatori oleh Ir. Markus Hartono, S.T., M.Sc., Ph.D., CHFP., IPM., ASEAN Eng., acara pun berlangsung dengan banyaknya pertanyaan pada narasumber yang telah berpengalaman. Partisipan yang datang dari berbagai elemen masyarakat serta praktisi berbagai perusahaan pun bergantian melontarkan pertanyaan.
 
Dalam mempelajari manajemen supply chain yang baik, tentu dapat mengefisienkan waktu dan biaya dalam proses produksi dan distribusi. “Nantinya supply chain yang tepat ini akan berpengaruh pada cost yang murah dan masyarakat akan senang karena mendapat produk dengan harga yang murah,” tungkas Amelia dengan ramah.
 
Melalui seminar ini, diharapkan agar masyarakat dapat tertarik mempelajari supply chain. Hal itu dikarenakan penerapannya akan sangat bermanfaat di kehidupan mendatang. Universitas Surabaya turut mendukung pengadaan sumber daya manusia yang bergerak dalam bidang supply chain khususnya melalui Magister Teknik Industri konsentrasi Logistics and Supply Chain Engineering yang berkualitas. Penyerahan plakat serta cendera mata turut diserahkan kepada pembicara dan moderator oleh Indri Hapsari, S.T., M.T., sebagai penutup seminar pada malam itu. (RE5)
Update: 23-12-2019 | Dibaca 178 kali | Download versi pdf: Dukungan-Magister-Teknik-Industri-Ubaya-Terhadap-SDM-Di-Bidang-Supply-Chain.pdf