Pentingnya Komunikasi Yang Efektif Dalam Hidup


  • 14-11-2019
  • Hayuning Purnama Dewi
Laboratorium Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) Universitas Surabaya (Ubaya) mengadakan seminar khusus mahasiswa. Seminar yang diadakan pada tanggal 7 November 2019 kali ini bekerja sama dengan Training Vision Institute Singapura, organisasi yang bergerak di bidang pendidikan dan pelatihan dari Singapura. Bertemakan ‘Effective Leadership Require Communication Effectively’, seminar ini mengundang William Chua dan Kelvin Wo sebagai pembicara dan dihadiri oleh beberapa dosen FBE Ubaya. Seminar ini dilaksanakan di Perpustakaan Lantai 5, Kampus II Ubaya Tenggilis.
 
“Untuk menjadi pemimpin yang efektif, kita memerlukan skill komunikasi yang baik,” ucap Dr. Deddy Marciano, S.E., M.M., selaku Ketua Jurusan Manajemen. Seminar dimulai oleh William Chua, salah satu konsultan dan trainer di Training Vision Institute, dengan permainan puzzle sederhana tetapi menarik yang membuat para peserta dilatih untuk berpikir dari perspektif lain. “Terkadang kamu menang, banyak kali kamu belajar. Tidak ada seseorang yang benar-benar kalah, sebab kegagalan adalah pelajaran yang berharga,” pesan William dalam permainan tersebut. Selain pantang menyerah, William juga menjelaskan untuk mempercayai diri sendiri jika kita ingin sukses. Salah satu caranya adalah dengan menentukan arah tujuan kita dan merealisasikannya.
 
William kembali mengajak peserta untuk bermain dan meminta beberapa peserta untuk naik ke panggung. Dalam permainan tersebut menekankan adanya kedua peran, yakni komunikan dan komunikator. Peserta harus bekerja sama untuk merangkai sebuah bentuk menjadi satu. Tujuan permainan ini adalah melatih peserta untuk memiliki komunikasi yang baik dan benar dalam mencapai tujuan bersama.
 
Seminar dilanjutkan oleh Kelvin Wo yang merupakan Director of Higher Education di Training Vision Institute. “Belajar tidak ada batasan, karena dunia berubah begitu cepat,” tukas Kelvin menginspirasi peserta. Ia pun menyampaikan bahwa perubahan teknologi ini membuat banyak hal berkembang sangat pesat. Meski suatu saat akan menyelesaikan studi formal, bukan berarti kita juga berhenti belajar karena dunia akan terus bergerak maju. 
Mahasiswa-mahasiswi diharapkan dapat menerapkan yang sudah dipelajari di perkuliahan dengan cara komunikasi yang  baik untuk menghindari salah paham, hoax dan juga kegagalan dalam proses meraih tujuan. Acara ditutup dengan pemberian plakat oleh Dr. Deddy Marciano, S.E., M.M. kepada William Chua dan Kelvin Wo. (RE5)
Update: 14-11-2019 | Dibaca 838 kali | Download versi pdf: Pentingnya-Komunikasi-Yang-Efektif-Dalam-Hidup.pdf